Jakarta, IOTOMOTIF.com – Akhirnya generasi terbaru mobil Porsche New Cayman model year 2013-2014 resmi hadir di pasar otomotif Indonesia. Yang menarik, ternyata Indonesia merupakan negara pertama di wilayah Asia Pasifik yang menjadi tempat peluncuran New Cayman.

Seperti yang diungkapkan oleh Christer Ekberg, Managing Director Porsche Asia Pacific pada Selasa (19/3/2013) saat peluncuran New Cayman dan Cayman S di Senayan National Golf Jakarta Selatan. “Model ini adalah model yang sangat baru, lebih ringan, lebih cepat dan bertenaga. Selain itu model ini juga lebih efisien (bahan bakar) dan rendah emisi”. Itu artinya Indonesia dianggap merupakan salah satu pasar penting bagi produsen mobil asal kota Stuttgart untuk memasarkan produk-produk kebanggaan mereka.

adsprl

Porsche Cayman dan Cayman S generasi terbaru yang diluncurkan di Indonesia ini merupakan generasi kedua dari mobil sport mesin tengah berkapasitas dua penumpang.

Porsche New Cayman

Porsche Cayman standar akan tersedia dalam pilihan mesin boxer enam silinder 2.7 liter bertenaga 275 PS. tenaga mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6-percepatan atau transmisi 7-percepatan PDK (Porsche Doppelkupplungsgetriebe) kopling ganda. Porsche Cayman mampu berakselerasi dari kecapatan diam sampai 100 km/jam alam waktu 5,7 detik dan 5,6 detik (PDK) (5,4 detik dengan paket Sport Chrono). Sementara kecepatan maksimalnya 266 km/jam, dengan PDK 264 km/jam.

Untuk efisiensi dan konsumsi bahan bakar dapat menempuh jarak 12,19 km/liter dengan emisi CO2 192 g/km, dan 12,98 km/liter (PDK) dengan emisi CO2 180 g/km.

Porsche New Cayman S

Pada model New Cayman S, dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 3.4 liter menghasilkan tenaga hingga 325 PS dengan pilihan transmisi yang sama dengan saudaranya. Dari 0 ke 100, Cayman S mampu membukukannya dalam 5.0 detik dengan PDK 4,9 detik (4,7 detik dengan paket Sport Chrono).

Kecepatan maksimalnya mampu menembus 283 km/jam atau 281 km/jam (PDK) dengan efisiensi dan konsumsi bahan bakar 11,36 km/liter dengan emisi CO2 206 g/km dan 12,50 km/liter (PDK) dengan emisi CO2 188 g/km.

Porsche juga menyediakan paket untuk Cayman dengan beberapa fitur opsional baru seperti Adaptive Cruise Control yang mampu menjaga jarak dengan kendaraan di depannya.

begitu pula dengan sistem audio Burmester yang khusus dikembangkan untuk Cayman. Fitur baru lainnya untuk Cayman adalah sistem Entry&Drive tanpa kunci yang dapat dipasang di pabrik.

Sayangnya pihak PT Eurokars Artha Utama (EAU) belum bisa merilis harga pasti dua kendaraan tersebut. Hal itu diungkapkan oleh I Made Sujana selaku GM After Sales. Ia hanya mengungkapkan bahwa di negara asalnya, kendaraan ini dibanderol mulai 65.000 euro

Porsche Macan Siap Hadir 2014

Pada 2014 mendatang Porsche AG juga berencana untuk meluncurkan Crossover SUV kompak, Porsche Macan di Indonesia, yang namanya diambil dari bahasa Indonesia (Jawa). “Untuk pertama kalinya juga Porsche akan menggunakan nama Indonesia untuk SUV yang lebih kecil dari Cayenne, Porsche Macan, ‘Indonesian Tiger’,” tambah Ekberg.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here