Cara Merawat Mobil Tua Agar Tetap Awet

by

Malang, IOTOMOTIF.com – Perkembangan teknologi dari waktu ke waktu memang semakin luas dan tak dapat dihindari. Termasuk juga dalam bidang otomotif. Banyak perusahaan berlomba-lomba memproduksi kendaraan dengan fitur-fitur yang berteknologi tinggi. Meski begitu, masih ada sebagian orang yang mengagumi mobil tua atau mobil antik.

Bagi pemilik mobil-mobil tua,  mereka memandang mobil tersebut  dari nilai estetika dan keunikan. Namun sesuai dengan namanya, mobil tua pastinya memiliki mesin yang tua pula. Cara merawat mobil tua tidak seperti mobil-mobil pada umumnya. Perlu ada penanganan khusus dan tidak bisa sembarangan. Selain itu, biaya yang dikeluarkan sebagai perawatan mobil juga tidak sedikit.


Berikut beberapa saran yang mungkin dapat membantu anda untuk merawat mobil tua:

1. Mengecek mesin mobil secara teratur

Sebagai pemilik mobil tua, kita harus terus  memastikan mesin mobil di cek secara teratur, bahkan jangan ragu tune up secara rutin. Bagi pemilik mobil tua, sudah seharusnya rutin melakukan pengecekan pada mesin mobil. Mesin mobil tua sangat rentan rusak dan mogok.

Mobil Bekas Tua Rusak Penanganan Cara Merawat Mobil Tua Agar Tetap Awet

Oleh sebab itu pastikan untuk melakukan pemeriksaan rutin agar mesin mobil selalu fit ketika digunakan untuk berkendara. Apabila dirasa peforma mesin mobil menurun, maka dapat melakukan tune up. Pemilih mobil dapat melakukan tune up sendiri atau pun membawanya ke bengkel.

Tune up akan membuat mobil tua selalu dalam keadaan yang prima. Selain itu, periksa pula komponen penting lainnya. Apabila menemukan komponen yang sudah rentan dan rusak, sebaiknya langsung menggantinya dengan komponen yang baru.

2. Pemakaian Oli dan Bahan Bakar

Mesin mobil tua yang sudah dipakai lebih dari 10 tahun membutuhkan asupan oli esktra agar performa tetap terjaga. Hal ini dikarenakan mesin mobil tersebut sudah rentan dan ringkih karena  terlalu lama dipakai.

Maka dari itu, pemilik sebaiknya mengganti oli mobil setiap 2500 km. Dengan begitu, tingkat emisi mesin dapat ditekan dan meringankan beban kinerja mesin mobil anda. Untuk proteksi yang lebih maksimal anda dapat menggunakan oli yang memiliki kekentalan SAE 10-40 W atau 15-40 W.

Merawat Mobil Tua Cara Merawat Mobil Tua Agar Tetap Awet

Selain itu, pastikan untuk memilih kandungan bahan bakar yang berkualitas. Kandungan  bahan bakar yang berkualitas akan menjaga dan merawat kualitas dan peforma mesin mobil tua anda agar tetap bersih dan tidak gampang mengalami kebocoran.


×