Malang, IOTOMOTIF.com – Perkembangan teknologi dari waktu ke waktu memang semakin luas dan tak dapat dihindari. Termasuk juga dalam bidang otomotif. Banyak perusahaan berlomba-lomba memproduksi kendaraan dengan fitur-fitur yang berteknologi tinggi. Meski begitu, masih ada sebagian orang yang mengagumi mobil tua atau mobil antik.

Bagi pemilik mobil-mobil tua,  mereka memandang mobil tersebut  dari nilai estetika dan keunikan. Namun sesuai dengan namanya, mobil tua pastinya memiliki mesin yang tua pula. Cara merawat mobil tua tidak seperti mobil-mobil pada umumnya. Perlu ada penanganan khusus dan tidak bisa sembarangan. Selain itu, biaya yang dikeluarkan sebagai perawatan mobil juga tidak sedikit.

Berikut beberapa saran yang mungkin dapat membantu anda untuk merawat mobil tua:

1. Mengecek mesin mobil secara teratur

Sebagai pemilik mobil tua, kita harus terus  memastikan mesin mobil di cek secara teratur, bahkan jangan ragu tune up secara rutin. Bagi pemilik mobil tua, sudah seharusnya rutin melakukan pengecekan pada mesin mobil. Mesin mobil tua sangat rentan rusak dan mogok.

Oleh sebab itu pastikan untuk melakukan pemeriksaan rutin agar mesin mobil selalu fit ketika digunakan untuk berkendara. Apabila dirasa peforma mesin mobil menurun, maka dapat melakukan tune up. Pemilih mobil dapat melakukan tune up sendiri atau pun membawanya ke bengkel.

Tune up akan membuat mobil tua selalu dalam keadaan yang prima. Selain itu, periksa pula komponen penting lainnya. Apabila menemukan komponen yang sudah rentan dan rusak, sebaiknya langsung menggantinya dengan komponen yang baru.

2. Pemakaian Oli dan Bahan Bakar

Mesin mobil tua yang sudah dipakai lebih dari 10 tahun membutuhkan asupan oli esktra agar performa tetap terjaga. Hal ini dikarenakan mesin mobil tersebut sudah rentan dan ringkih karena  terlalu lama dipakai.

Maka dari itu, pemilik sebaiknya mengganti oli mobil setiap 2500 km. Dengan begitu, tingkat emisi mesin dapat ditekan dan meringankan beban kinerja mesin mobil anda. Untuk proteksi yang lebih maksimal anda dapat menggunakan oli yang memiliki kekentalan SAE 10-40 W atau 15-40 W.

Selain itu, pastikan untuk memilih kandungan bahan bakar yang berkualitas. Kandungan  bahan bakar yang berkualitas akan menjaga dan merawat kualitas dan peforma mesin mobil tua anda agar tetap bersih dan tidak gampang mengalami kebocoran.

Pilihlah bahan bakar yang non subsidi seperti pertamax. Kandungan bahan bakar yang berkualitas tidak mengandung karat yang dapat membahayakan mesin mobil anda. Lakukan pengisian bahan bakar secara teratur agar dapat mencegah pengeroposan pada tangki bahan bakar anda.

3. Perhatikan kabel, ring, dan karet penyangga

Sebagai penikmat mobil antik, selain harus rutin memeriksa mesin kendaraan. Jangan lupa perhatikan beberapa komponen penting seperti kondisi kabel, ring, dan karet-karet penyangga. Untuk masalah kabel, perhatikan apakah kabel-kabel pada mobil anda sudah getas atau tidak atau dalam kondisi mengelupas atau tidak. Kabel yang getas dan mengelupas dapat menyebabkan  konsleting dan membuat mesin tidak dapat dinyalakan.

Selain itu, kabel yang sudah getas dapat menyebabkan terjadinya percikan dipermukaan kabel yang dapat mengakibatkan kebakaran. Sebaiknya ganti kabel apabila sudah ada dalam kondisi tersebut. Untuk masalah ring, perhatikan kondisi ring mobil anda. Apabila ring anda sudah lemah dan berkarat sebaiknya segera ganti dengan ring yang baru. Penggantian ring dapat membuat aliran bensin kendaraan anda lebih lancar dan suara mesin tidak akan menjadi kasar.

Perhatikan pula karet penyangga yang berada di pintu-pintu mobil. Karet penyangga dapat mudah robek apalagi jika sudah terlalu lama digunakan.

4. Perhatikan velg dan ban mobil

Cek keadaan ban mobil anda secara rutin dan berkala. Ban mobil yang tipis dapat menyebabkan bahaya bagi pengemudi. Anda juga dapat merawat ban mobil anda dengan melepas keempat ban mobil dan menggantinya dengan dongkrak ketika sedang tidak digunakan.

Sebaiknya anda mengganti velg dan roda pada mobil anda apabila sudah dalam kondisi rusak dan berkarat. Dengan mengganti velg dan roda, anda dapat meningkatkan performa mobil tua anda. Meskipun biaya yang dikeluarkan mungkin tidak sedikit namun tidak sebanding apabila terjadi kerusakan-kerusakan parah kedepannya.

Selain itu perhatikan kaki-kaki mobil. Mobil yang telah berusia tua terkadang memiliki kondisi yang sudah tidak sekuat mobil lainnya. Mobil tua anda harus selalu dalam keadaan yang prima pada bagian ball joint, tie rod, bushing arm, suspense, dan karet stabilizer. Apabila anda mendengar ada suara-suara yang mengganggu pada mobil, bisa jadi ini disebabkan besi-besi yang saling berhimpitan diantara kaki-kaki.

Pastikan pengecekan mobil tua dilakukan secara teratur. Deteksi kerusakan dini dapat mengurangi biaya perbaikan dan memperpanjang umur mobil anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here