Subsidi BBM 2025 Bakal Dipangkas, Apa Harga Pertalite Bakal Melejit atau Dihapus?

by
Pertamina SPBU Subsidi BBM 2025 Bakal Dipangkas, Apa Harga Pertalite Bakal Melejit atau Dihapus?

Subsidi BBM 2025 Bakal Dipangkas, Apa Harga Pertalite Bakal Melejit atau Dihapus?

Pemerintah berencana mengurangi anggaran subsidi energi, terutama untuk bahan bakar minyak (BBM). Hal ini menimbulkan pertanyaan, apakah pengurangan subsidi BBM akan mengakibatkan hilangnya Pertalite dari stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) seperti yang dikhawatirkan masyarakat beberapa waktu lalu?


Pada awal Mei 2024, banyak masyarakat yang mengeluhkan sulitnya mendapatkan BBM Pertalite di SPBU Pertamina. Bahkan, “Pertalite hilang dari SPBU” sempat menjadi tren di media sosial.

Pertalite adalah BBM yang ditugaskan oleh pemerintah. BBM ini paling banyak dibeli oleh masyarakat karena harganya yang relatif murah, yaitu hanya Rp 10.000 per liter.

Menurut penelusuran Kontan, beberapa SPBU Pertamina di Jakarta sudah tidak lagi menjual Pertalite. Salah satu contohnya adalah SPBU Pertamina di Jl Joglo Raya yang menggantikan Pertalite dengan Pertamax Green pada Mei 2024.

Jika anggaran subsidi BBM dipangkas, apakah Pertalite akan benar-benar hilang?

Rencana pengurangan subsidi BBM ini tertuang dalam Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal Tahun 2025. Dalam dokumen tersebut, pemerintah berencana melakukan efisiensi atau memangkas subsidi BBM sebesar Rp 67,1 triliun.

Pemerintah juga mendorong pengendalian kategori konsumen untuk BBM jenis Pertalite dan Solar. Ini karena subsidi BBM dalam APBN hanya diberikan kepada dua jenis BBM, yaitu Solar dan minyak tanah. Sementara itu, BBM jenis Pertalite masuk dalam tagihan kompensasi.

Sebagai informasi, kuota penyaluran Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) yaitu Pertalite (RON 90) pada tahun 2024 ditetapkan sebesar 31,7 juta kilo liter. Sementara itu, kuota subsidi Solar ditetapkan sebesar 17,8 juta kilo liter.

Pertalite Tidak Akan Hilang 2025

Meskipun ada rencana pemangkasan subsidi, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) memastikan bahwa Pertalite tidak akan hilang pada tahun depan. BPH Migas telah mengajukan kuota bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite sebesar 31,33 juta kiloliter (KL) hingga 33,23 juta KL untuk tahun 2025.


Visited 13 times, 1 visit(s) today
×