IOTOMOTIF.com – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja meluncurkan motor baru berteknologi MotoGP di Indonesia. Motor tersebut adalah all new YZF-R1 dan YZF-R1M yang dijatah masing-masing sebanyak 5 unit. Pada awalnya Yamaha tidak terlalu berharap pada kedua motor tersebut, namun ternyata kuota keduanya langsung habis terjual, hal ini dikarenakan ternyata YIMM sudah membuka pemesanan sebelum peluncuran.

Tanggapan masyarakat yang baik terhadap Yamaha R1 ini membuat Yamaha Indonesia untuk berusaha menambah 10 unit lagi dari Jepang. “Kami mendapat jatah lima unit YZF-R1 dan lima unit YZF-R1M, jadi total 10 unit. Ternyata sudah terpesan habis, selanjutnya kami akan memesan kembali ke Yamaha Jepang sebanyak 10 unit. Jadi ditotal ada 20 unit,” kata Dyonisius Beti selaku Executive Vice President PT YIMM, , di arena GIIAS 2015 di ICE, BSD City, Tangerang Selatan.

Dia juga mengatakan bahwa untuk Yamaha all new YZF-R1 merupakan motor produksi masal, namun untuk edisi Yamaha R1M hanya diproduksi sebanyak 500 unit untuk dipasarkan di seluruh dunia dan setiap negara mendapatkan jatah yang sedikit dengan pasar Eropa yang terbanyak. Bagi konsumen yang membeli motor itu saat ini harus menunggu selama 3 bulan untuk mendapatkan unit. Khusus motor CBU (completely built up) ini, kata Dyonisius, Yamaha Indonesia tidak asal menjual. Dikatakan bahwa targetnya untuk kalangan yang sudah mahir mengendarai moto gede. Yamaha All New YZF-R1 hadir dengan sumber tenaga mesin berkapasitas 998 cc 4-silinder DOHC 16 katup. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 200 HP dan dilengkapi dengan berbagai teknologi yang juga digunakan pada ajang MotoGP. Seperti Slide Control, Front Lift Control, Quickshifter, Launch Control, Kendali Traksi kemiringan, ABS, dan Unified Brake System.

Untuk masalah harga, Yamaha menawarkan YZF-R1 dengan harga Rp 495 juta, sedangkan untuk versi edisi khusus Yamaha YZF-R1M dilepas dengan harga Rp 645 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here