IOTOMOTIF.com – Persaingan ketat antara dua produsen motor asal Jepang, Yamaha dan Honda di segmen motor sport semakin menjadi. Hal ini dimulai dengan ambisi Honda yang ingin menjadi produsen motor sport nomor 1 di tanah air pada tahun ini, namun Yamaha yang menjadi raja motor sport di tanah air tidak mau tinggal diam dan meluncurkan berbagai produk baru untuk memperkuat posisinya, seperti Yamaha R15 dan R25. Persaingan ketat juga terjadi di segmen motor sport 250cc yang baru dimasuki Yamaha Indonesia dengan motor sport Yamaha R25 dan bersaing dengan Honda CBR250R. Persaingan sangat terlihat dengan Honda yang menurunkan harga CBR250R dual keen eyes terbaru untuk membuatnya memiliki banderol harga di bawah R25. Hal ini dilakukan semata-mata untuk memiliki nilai lebih untuk bersaing. Namun bagaimana kedua motor sport tersebut bila digunakan sehari-hari, mana yang lebih nyaman?

Posisi Berkendara

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk posisi duduk yang ada hubungannya secara langsung dengan kenyamanan. Tapi itu relatif, karena ada banyak pengendara sepeda motor yang nyaman dengan posisi menunduk, atau yang lebih suka posisi tegak tapi menghilangkan kesan sporty.

R25 memberikan posisi duduk yang santai. Tempat duduk yang rendah dan lebar, tidak jauh dari jangkauan setang. Berat tubuh pada sepeda sport biasanya terletak di pergelangan tangan, tapi posisi tempat duduk nyaman cukup untuk membuatnya tidak terlalu pegal meski digunakan dalam waktu yang lama.

Sedangkan untuk Honda CBR250R, posisi mengemudi yang hadir dengan posisi yang lebih menunduk, namun bisa menemukan posisi yang nyaman karena jok yang lebar. Posisi mengemudi tampak lebih sporty. Itu sebabnya Honda lengkap dengan lapisan jok yang tidak licin.

Boncengan

Untuk digunakan berboncengan, Yamaha R25 memiliki permukaan jok belakang yang tidak terlalu miring ke depan, sehingga boncenger posisi tidak terlalu menempel ke depan. Pijakan kaki untuk penumpang belakang juga dibuat lebih rendah. Sementara itu CBR250R memiliki posisi yang lebih membungkuk, dan bahkan cenderung nungging. Membuat Honda CBR250R terlihat memiliki kesan sporty yang lebih kuat.

Kenyamanan

Yamaha R25 memiliki dimensi lebih panjang dan cenderung besar bila dibandingkan dengan Honda CBR250R. Namun untuk handling masih sangat ringan, dengan distribusi berat diklaim 50: 50 antara depan dan belakang, yang membuatnya lebih lincah. Memiliki tempat duduk yang tinggi, membuat pengendara dengan ketinggian di bawah 170 cm harus sedikit berjinjit ketika berhenti. Suspensi lembut, itu akan merasa sangat nyaman bila digunakan dalam penggunaan sehari-hari.

Sedangkan untuk Honda CBR250R memiliki lebih pendek dengan ground clearance yang lebih pendek. Hal ini membuat pengendara dengan mudah mampu untuk menapakkan kakinya ke tanah ketika berhenti. Memiliki kesan mengemudi yang lebih sporty dengan dengan posisi agak membungkuk seperti yang sebelumnya dikatakan di atas. Hal ini membuat pengguna akan lebih cepat lelah untuk berkendara. Untuk suspensi sendiri, Honda CBR250R tidak begitu lembut dan membuatnya tidak begitu nyaman di jalan bergelombang, namun lebih stabil untuk digunakan bermanuver.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here