MILAN, IOTOMOTIF.com – Para penggemar Valentino Rossi tentunya berharap “The Doctor” bisa lebih kompeitif di musim balap MotoGP 2014. Namun sepertinya harapan tersebut masih jauh. Terbukti dalam wawancara khusus dengan Kouichi Tsuji, bos tim pengembangan Yamaha YZR-M1 MotoGP yang dilansir oleh Insella.it, (29/1/2014), menyatakan bahwa sepeda motor masih dikembangkan berdasar gaya balap Lorenzo.

Bahkan Tsuji juga mengisyaratkan Rossi untuk terus beradaptasi dengan tunggangannya tersebut.

”Dari 2004 sampai 2009, kami mengembangkan sepeda motor dengan gaya Valentino. Lalu di 2010, Rossi cedera dan kejuaraan dimenangkan Lorenzo. Tentu tahun berikutnya kami mengubah sesuai gaya Lorenzo. Situasi yang dirasakan Rossi ini sama seperti yang Lorenzo alami (dulu),” katanya.

Tsuji juga menjelaskan, bahwa Yamaha tidak bisa memberikan sepeda motor yang sesuai dengan gaya balap Rossi. Hal tersebut bukanlah semata-mata karena uang, tetapi dikarenakan waktu yang sangat sempit. Bahkan Tsuji juga dengan yakin menyatakan, andai Yamaha bisa memberikan sepeda motor seperti pada 2009, Rossi belum tentu bisa tampil sebagus dulu, hal tersebut karena banyaknya faktor yang membuat juara dunia MotoGP 7 kali ini sulit untuk kembali tampil seperti dulu.

Sayangnya Tsuji tidak membeberkan perbedaan antara M1 Lorenzo dan M1 Rossi. Namun jika melihat dari pengakuan Rossi yang mengatakan bahwa M1 miliknya masih bermasalah dengan stabilitas pengereman yang kurang baik, maka perbedaan antara keduanya bisa jadi dari setelan kaki-kaki, posisi hingga pada performa pengereman.

”Yang jelas, semua pengembangan untuk Rossi tahun ini sudah mendekati apa yang dirasakan Lorenzo,” tutup Tsuji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here