JAKARTA, IOTOMOTIF.com – Produsen mobil terbesar di Jerman, Volkswagen (VW) dipastikan akan membangun pabriknya di Indonesia. Rencanan VW ini diungkapkan oleh Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi dari Kementrian Perindustrian, Budi Darmadi saat berada di bandara Soekarno-Hatta untuk menuju ke Jepang bersama 10 anggota DPR Komisi VI 22 April lalu.

VW yang memang telah memiliki rencana untuk mendirikan pabrik di Indonesia sejak 2009 lalu ini memang mengalami kesulitan untuk mewujudkannya pada tahap-tahap awal. Kesulitan VW tersebut diantaranya seperti sulitnya VW untuk mendapatkan pemasok atau vendor komponen yang sesuai dengan standar kualitas merek-mereknya. Budi juga mengatakan, bahwa permasalahan yang dialami oleh VW tersebut kini sudah bisa teratasi. “Semua sudah siap,” tegas Budi. Ditambahkan, Kratau Steel juga siap memasok pelat baja khusus untuk bodi mobil yang dibuat di Indonesia. (Baca juga : VW CrossBlue Coupe Concept, Menjadi Bintang di Ajang Shanghai Auto Show 2013)

Ketika ditanya perihal keberangkatannya ke Jepang, Budi menjelaskan bahwa dirinya besama dengan ketua dan beberapa anggota DPR dari Komisi VI akan “Melakukan revisi perbandingan undang-udang industri,” jelasnya.

“Kita ingin memperbaiki undang-undang industri elektronika dan otomotif. Tujuan agar para industriawan Jepang  mau berinvestasi di Indonesia. Misalnya dengan menawarkan insentif,” jelas Drs. H Darul Siska, Staf Khusus Menteri dari Kementrian Perindustrian yang ditemui Sabtu lalu (27/04) di Bandara Narita, Jepang saat kembali ke Tanah Air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here