KARAWANG, IOTOMOTIF.com – Langkah Toyota Indonesia untuk memproduksi sedan kompak andalannya, Vios di Indonesia secara otomatis akan ikut mendorong kemajuan industri komponen lokal di Tanah Air. Untuk tahap-tahap awal, produksi sedan kompak andalan Toyota ini sudah memanfaatkan komponen lokal hingga 60 persen.

“Sekarang ini kami bekerjasama dengan total 100 perusahaan pemasok baik lokal maupun impor,” jelas Masahiro Nonami, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), di sela peresmian produksi Vios CKD di Pabrik Karawang II, Jawa Barat, Rabu (18/12/2013).

Nonami juga menjelaskan, bahwa dari seluruh pemasok yang telah diajak kerjasama, 20 persen diantaranya adalah perusahaan lokal. Sedangkan 20 persen lainnya adalah perusahaan asing. “Sedang sisanya 60 persen merupakan perusahaan gabungan (join venture), baik dengan Jepang, Singapura , Taiwan, dan lain sebagainya,” beber Nonami.

Untuk kedepannya, Nonami juga berniat untuk terus meningkatkan kapasitas jumlah kandungan lokal menjadi lebih banyak lagi. “Kami mau kejar 70 persen dalam waktu dekat ini,” tambahnya.

Sementara ketika ditanya mengenai rencana mengekspor Vios, Presiden Komisaris PT Toyota Astra Motor dan TMMIN serta Managing Officer Toyota Motor Corporation, Hiroyuki Fukui masih enggan untuk membeberkannya. Menurutnya, saat ini Toyota Indonesia masih fokus pada Vios CKD untuk pasokan pasar domestik Indonesia.

Sedangkan dari sumber internal perusahaan, dijelaskan bahwa Indonesia akan bersaing dengan Thailand untuk mengekspor Vios. Fokus utama Indonesia adalah kawasan Timur Tengah dengan pengiriman awal pada akhir kuartal pertama 2014 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here