New York, IOTOMOTIF.com – Toyota sepertinya akan kembali memimpin pasar global, setelah sempat tergeser oleh rival terberatnya General Motors dan Volkswagen pada 2010 lalu. Indikasi ini didapatkan dari data penjualan sampai kuartal ketiga (September) 2012, Toyota sudah berhasil mengantongi total penjualan 7,4 juta unit, sementara rival terberatnya, GM menempel ketat dengan 6,95 juta unit, dan Volkswagen 6,9 juta unit.

JUmlah tersebut diprediksi akan terus bertambah, mengingat Toyota hingga saat ini terus menunjukkan pertumbuhan di Amerika Serikat dan Jepang sampai November. Bahkan, pada periode yang sama, total pasar di Jepang berhasil melesat 31 persen berkat insentif yang dikucurkan oleh pemerintah. Madoka Suzuki, kepala penjaringan pemasaran Toyota di Sendai juga mengatakan, “Saat ini kondisi pasar sudah kembali normal dan volume penjualan kembali ke level sebelum terjadi bencana. Perbaikan pasar mulai terjadi sejak Oktober tahun lalu.”

Untuk tahun ini, pasar mobil dunia diprediksi total melampaui 80 juta unit dan akan mengukir rekor penjualan baru untuk pertama kalinya. Lonjakan tersebut terjadi dipasar Amerika Serikat dan Jepang, meskipu di kawasan Eropa terjadi penurunan akibat terhantam oleh krisis. Menurut analisis lembaga penelitan LMC Automotive, meningkatnya penjualan Toyota karena pemulihan pasca bencana tsunami dan mengalahkan GM.

Pemulihan pasar mobil di AS pasca krisis keuangan 2009 terus terjadi sampai tahun ini. Semua merek yang memasarkan mobilnya di AS merasakan keuntungan ini. “Pasar AS itu sangat luas, ketika kita punya pertumbuhan digit ganda maka akan ikut mendongkrak penjualan global,” ungkap Rebecca Lindland, analis industri dari IHS Automotive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here