IOtomif.com – Saat memutuskan untuk membeli mobil bekas, kita harus teliti dalam memeriksa mobil bekas tersebut. Salah satu hal yang penting adalah bagian kolong mobil, seperti komponen kaki-kaki, sistem kemudi dan lain-lain.

Saat melakukan test drive mobil bekas incaran, tiba-tiba dari bagian kolong terdengar bunyi yang aneh seperti gluduk – gluduk…atau kriet..krieet. Sumber bunyi tersebut bisa bermacam-macam sebabnya.

Berikut ini adalah analisa, penyebab bunyi suara tersebut, dan tentunya dapat menjadi panduan pembelian mobil bekas, karena paling tidak kita dapat mendeteksi kerusakan mobil bekas tersebut dari bunyi/suara.

Engine mounting

Mesin membutuhkan penyangga agar bisa terpasang di ruang mesin. Namun engine mounting yang telah aus, juga dapat menimbulkan bunyi gluduk…gluduk. Dengan mengganti bantalan itu, bisa menghilangkan masalah bunyi.

Power steering

Jika sistem power steering rusak, maka terdengar suara dengung ketika setir diputar. Hal itu terjadi karena adanya kebocoran, sehingga oli power steering berkurang. Sebaik­nya periksa lebih detail jika ada lelehan oli di area sistem kemudi dan bawa ke bengkel kepercayaan Anda. Karena jika rusak biaya yang dibutuhkan relatif mahal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here