IOTOMOTIF.com – Suzuki-Maruti India secara resmi merilis varian terbaru dari mobil city-car Wagon R Stingray yang menjadi pengganti versi lama. Bila di Indonesia, Suzuki Wagon R ini menjadi pengganti Suzuki Karimun yang sebelumnya sudah dihentikan pemasarannya di Tanah Air. Suzuki Wagon R Stingray generasi terbaru tampil lebih modern dan manis dengan perubahan pada beberapa bagiannya. Terlihat desain wajah yang elegan dengan headlamp tipis serta grill dengan aksen krom dan desain bumper baru serta air dam yang lebih besar. Bagian belakang Wagon R Stingray juga mendapat perubahan desain, dengan menggunakan lampu belakang yang kecil, dengan sentuhan krom diatas dudukan plat nomor kendaraan.

Suzuki Wagon R Stingray India - Interior Dashboard 006 IOTOMOTIF.comTidak hanya bagian eksterior, bagian interior Suzuki Wagon R Stingray model baru ini juga ikut dirombak. Bagian kabin Wagon R Stingray didominasi dengan warna gelap yang menjadi pembeda dengan Wagon R versi biasa yang menggunakan warna duo-tone. Tidak lupa panel instruman pada dashboard lebih terlihat futuristik dengan warna biru.

Secara dimensi Suzuki Wagon R Stingray ini sedikit lebih besar bila dibandingkan Wagon R biasa, dimana Wagon R Stingray memiliki dimensi panjang 3636mm, lebar 1475mm dan tinggi 1670mm sedangkan Wagon R biasa memiliki panjang 3599mm, lebar 1485mm, tinggi 1700mm. Sedangkan untuk panjang wheelbase 2400mm dan jarak pijak (ground Clearance) sebesar 165 mm, sama dengan Wagon R biasa.

Untuk sektor mesin pada Suzuki Wagon-R Stingray masih sama dengan versi Wagon R biasa, yaitu mesin bensin berkode K10B berkapasitas 1.0-liter 3-silinder yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 68 PS dan torsi maksimum sebesar 90 Nm, dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan konsumsi bahan bakar sebesar 20.51 kpl.

Di India, Suzuki Wagon R Stingray hadir dengan pilihan warna yang menarik, midnight blue, passion red, glistening grey, superior white dan silky silver. Dan tersedia dalam 3 pilihan varian, antara lain LXI, VXI dan varian teratas Wagon R Stingray VXI(O). Tipe teratas Stingray sudah dilengkapi dengan berbagai fitur seperti airbag, ABS, power window, spion electric dan bahan kulit pada interior. Untuk harganya, varian tertinggi ini dibanderol dengan harga 446000 rupee atau sekitar Rp77,8 juta rupiah. Sementara untuk varian VXi dijual dengan harga Rs 4.37 lakh dan varian terendah LXi seharga Rs 4.09 lakh.

Suzuki Wagon-R Calon LCGC Suzuki

Dengan spesifikasi yang diusung, yaitu sebesar 1000cc, Suzuki Indonesia berencana menjadikan Wagon R sebagai mobil murah ramah lingkungan (LCGC) di Indonesia. Tentunya dengan beberapa perubahan yang disesuaikan dengan peraturan kendaraan LCGC. Dimana pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 mendatang Suzuki akan memperkenalkan mobil LCGC-nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here