IOTOMOTIF.com – Suzuki di India baru saja meluncurkan Suzuki Vitara Brezza di sana. Mobil hadir dengan jantung pacu mesin diesel 1.3-liter DDiS, empat silinder yang bertenaga 88,7 HP dan torsi 200 Nm. Mesin tersebut diklaim sangat irit dengan konsumsi bahan bakar rata-rata mencapai 24,3 km/liter.

Mengenai penggunaan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang saat ini jadi salah satu fitur menarik pada mobil Suzuki, C.V. Raman, Executive Director, Engineering Maruti-Suzuki mengatakan bahwa mobil SUV tersebut tidak perlu dipasangkan teknologi hybrid murah tersebut.

“Sebenarnya Vitara Brezza itu tidak perlu dipasangkan SHVS (teknologi hibrida murah Suzuki). Sebab, sudah memiliki efisiensi BBM yang tertinggi di kelasnya. Tetapi jika diperlukan sangat mudah dipasangkan,” ungkap Raman.

Raman juga menjelaskan bahwa konsumsi bahan bakar Suzuki Vitara Brezza tidak hanya tertinggi dikelasnya, bahkan tidak kalah irit dari model Suzuki lainnya.

Suzuki Vitara Brezz memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.640 mm, jarak sumbu roda 2.500 mm, dan memiliki ground clearance 198 mm. Dari sisi tampilan, hadir dengan sentuhan warna dua l tone (warna bodi dengan atap berbeda). Tidak hanya itu, mobil juga dilengkapi dengan pelek 16 inci, LED daytime running lights, dan sensor yang juga terintegrasi pada kaca spion.

Jantung pacu hadir dengan mesin diesel berkapasitas 1.3-liter DDiS, empat silinder yang mampu menghasilkan tenaga 88,7 HP dan torsi 200 Nm. Mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan dan diklaim memiliki konsumsi bahan bakar hingga 24,3 km/liter.

Teknologi SHV merupakan salah satu prinsip kerja sederhana yang dikembangkan Suzuki. Rangkaian sistem terdiri dari sebuah ISG (integrated starter generator), yang menghasilkan tenaga dari motor penggerak. Energi yang terbuang dalam sistem ini bisa dimanfaatkan kembali oleh sistem hybrid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here