VALENCIA, IOTOMOTIF.com – Valentino Rossi akhirnya tak mampu berbuat banyak untuk membantu rekan satu timnya, Jorge Lorenzo dalam perebutan gelar Juara Dunia MotoGP 2013 di laga MotoGP Valencia 2013, Minggu (10/11). Mengemban tugas untuk mengganjal Marc Marquez agar tak mampu masuk empat besar, Rossi malah hanya finish di posisi keempat.

Juara Dunia MotoGP tujuh kali tersebut sebetulnya mengawali balapan dengan agresif. Rossi yang mengawali balapan dari posisi start keempat nyaris menggeser posisi Marquez di tikungan pertama.

Marquez sendiri melakukan start tidak cukup baik. Meskipun meraih pole dan mengawali balapan dari posisi start terdepan, Rookie MotoGP 2013 ini berhasil digeser oleh Lorenzo dan Dani Pedrosa.

Beruntung Marquez berhasil mengunci celah di bagian dalam tikungan kiri. Dan Rossi yang berusaha untuk mengambil posisinya dari sisi luar pun tak mampu mengambilnya. Bahkan karena usahanya tersebut, posisi The Doctor justru diambil alih oleh Alvaro Bautista. Posisi Rossi pun lumayan lama tertahan di urutan kelima di belakang Bautista. Meskipun begitu, peluang untuk menyalip Marquez yang berada di urutan ketiga masih terbuka karena jarak mereka yang tidak terlalu jauh.

Jarak kelima pembalap terdepan (Lorenzo, Pedrosa, Marquez, Bautista, dan Rossi) pada awal-awal lomba memang sangat tipis. Bautista yang tepat berada di belakang Marquez pun beberapa kali mampu menekan pembalap berusia 20 tahun tersebut. Hal tersebut tak lepas dari usaha Lorenzo yang sengaja menahan di depan agar jarak antar pembalap di belakangnya rapat. Dengan begitu kesempatan Rossi untuk mengganjal Marquez terbuka lebar.

Namun usaha Lorenzo untuk menahan lajunya di depan justru membuat dirinya mendapatkan tekanan dan terlibat pertarungan sengit dengan Pedrosa. Berkali-kali kedua pembalap ini saling salip menyalip. Marquez sendiri sepertinya tak ingin terlibat dan masuk dalam pertarungan sengit Lorenzo dan Pedrosa.

Dan pada lap ke-10, pertempuran antara Lorenzo dan Pedrosa mencapai puncaknya. Dan Lorenzo pun membuang Pedrosa ke luar lintasan di tikungan kanan. Saat itu, Lorenzo baru saja disalip oleh Pedrosa. Akibat insiden tersebut, Pedrosa harus rela tercecer di urutan kelima di belakang Rossi.

Sementara Marquez akhirnya mampu memanfaatkan situasi tersebut untuk mencuri posisi Lorenzo. Sayangnya, satu lap kemudian Lorenzo kembali mengambil alih pimpinan lomba. Usaha Lorenzo untuk mengambil alih posisinya tersebut terbilang sangat mudah. Marquez terlihat seolah-olah tidak ingin terlibat perang dengan Lorenzo.

Sementara itu, Pedrosa yang tercecer di urutan kelima terus berusaha mengejar dan mengambil kembali posisinya yang hilang. Usaha Pedrosa pun berhasil, pada lap ke-12 rekan satu tim Marquez inipun berhasil menyalip dua pembalap sekaligus, yaitu Bautista dan Rossi. Namun setelah itu, Rossi pun cepat-cepat menempel Pedrosa setelah dirinya sukses mendahului Bautista.

Sayangnya, The Doctor kehilangan performa-nya setelah lap ke-14. Padahal pada saat itu, tim Yamaha Factory juga telah memberikan informasi di papan peringatan kepada Lorenzo agar memperlambat lajunya di depan.

Pedrosa sendiri terus merangsek kedepan sampai akhirnya mampu mengambil alih posisi Marquez pada lap ke-24. Lagi-lagi terlihat Marquez terkesan memberi tempat pada Pedrosa.

Strategi tersebut sepertinya digunakan oleh Marquez mengingat jaraknya denga Rossi yang berada di belakangnya sangat jauh. Apalagi Rookie MotoGP 2013 ini hanya membutuhkan finish di posisi keempat. Jadi meskipun Rossi berhasil mendahuluinya dan mencuri posisi ketiga, Marquez masih tetap bisa meraih gelar Juara Dunia MotoGP 2013.

Melihat kenyataan tersebut, Lorenzo yang berhasil memenangkan lomba tidak melakukan selebrasi yang berlebihan usai perlombaan. Dia sempat diberikan bendera dan mendekat ke para fans-nya dan menancapkan bendera tersebut. Namun hal tersebut tidak dilakukannya dengan semangat yang biasanya dia tunjukkan.

Kemenangan Lorenzo Minggu ini di MotoGP Valencia 2013 tak cukup untuk mempertahankan gelar Juara Dunia-nya. Meskipun hanya finish di posisi ketiga, Marquez tetap tak terkalahkan dalam pengumpulan poin. Dan Rookie MotoGP 2013 inipun berhak menyandang mahkota Juara Dunia MotoGP 2013 menggantikan gelar Lorenzo tahun lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here