Yamaha YZF-R1 R1-M 2015-2016 002 www.iotomotif.com

IOTOMOTIF.com – Motor sport Yamaha R1 dan R1M pada awal bulan ini di Amerika Serikat mendapatkan pernyataan recall atau penarikan karena masalah pada transmisi. Dan ternyata masalah tersebut juga berpengaruh pada Yamaha R1 dan R1M yang dipasarkan di India. Yamaha India sendiri mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan berdasarkan inisiatif perusahaan dan recall secara global.

Untuk pasar India, tidak hanya R1 dan R1 M produksi 2015 saja yang direcall, total ada sembilan motor yang direcall Yamaha untuk mengganti seluruh bagian transmisi yang rusak. Yamaha mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada laporan pengendara yang cedera atau meninggal akibat kerusakan ini.

Dikatakan bahwa waktu penggantian bagian yang rusak sekitar 16 jam. Selain Amerika dan India, Inggris juga mendapatkan recall kedua motor tersebut.

Yamaha menyebut kekuatan komponen transmisi Yamaha R1 dan R1 M hanya terasa pada saat posisi gigi gir bawah. Sedangkan di saat pindah ke posisi lebih tinggi, transmisinya mengalami masalah.

“Dalam sepeda motor yang ditengarai bermasalah, baik pada roda kedua dan seterusnya komponen transmisi bisa pecah sebagai akibat dari tekanan yang sangat tinggi dan atau pergeseran yang tidak tepat. Hal ini disebabkan kekuatan komponen yang tidak memadai,” demikian bunyi surat tersebut.

Sperti yang diketahui, motor sport tersebut hadir dengan mesin 998 cc 4-stroke, empat silinder yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal 200 HP dan torsi puncak 112 Nm. Mesin itu dipadukan dengan transmisi enam percepatan dan dengan bobot 199 kg.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here