OHIO, IOTOMOTIF.com – Sebanyak 74.000 ribu sepeda motor dan ATV yang didatangkan dari Cina dibatalkan perseutujuannya oleh Environmental Protection Agency (EPA) atau Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat  (AS). Penyebab tidak disetujuinya motor asal Cina ini dikarenakan data sertifikasi yang diberikan kepada EPA tidak sesuai dan diduga palsu.

Puluhan ribu unit sepeda motor asal Cina ini diimpor oleh Snyder Technology di Ohio dari Wildfire Motors Corporation, dan diproduksi oleh Taixing Sandi Motorcycle Co. Ltd, Zhejiang Jiajue Apollo Vehicle Manufacture Co. Ltd, dan Zhejiang Zhufeng Huawin Motorcycle Co. Ltd.

Data sertifikasi kendaraan bermotor asal Cina yang diduga dipalsukan ini adalah pada hasil uji emisi. Dikhawatirkan nantinya, puluhan ribu sepeda motor asal Cina ini akan menimbulkan oksida nitrogen (NOx), karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC).

Hasil penyelidikan lebih lanjut yang dilakukan oleh EPA telah menemukan data spesifikasi yang tidak sama dengan kenyataan. Selain itu juga ditemukan banyaknya kejanggalan pengajuan aplikasi sertifikat, dan hasil uji emisi yang tidak akurat. Selain itu, EPA juga menuduh produsen China gagal secara akurat menguji emisi kendaraan Wildfire Motors.

Dengan ditemukannya kejanggalan dan pemalsuan data pada motor asal Cina ini, EPA menyatakan kendaraan tersebut dianggap ilegal ketika  berkeliaran di jalan-jalan Amerika Serikat. Dan bagi konsumen yang sudah terlanjur memilikinya, tetap diizinkan untuk mengendarainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here