Pameran Inacraft 2023, Mendag Zulkifli: Pemerintah Berpihak pada Industri Lokal

by
1537797110p Pameran Inacraft 2023, Mendag Zulkifli: Pemerintah Berpihak pada Industri Lokal

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan pemerintah berkomitmen dan berpihak pada industri lokal dan kerajinan tangan Indonesia. Produk industri lokal, khususnya kerajinan lokal, memiliki peran strategis dalam mempromosikan budaya lokal dan secara signifikan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Demikian penegasan Mendag Zulkifli Hasan saat menghadiri pameran kerajinan Inacraft 2023 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (6/10). Dalam kegiatan ini, Mendag memberikan penghargaan kepada pemenang kategori Best Youthpreneur dan Best Emerging Artisan pada malam penganugerahan Inacraft Award 2023.


Turut hadir Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi) Muchsin Ridjan. Mendag Zulkifli Hasan didampingi Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi.

“Malam ini saya memberikan penghargaan di Inacraft Award 2023 kepada talenta-talenta berbakat. Tadi kita saksikan anak muda Indonesia mempunyai karya-karya yang luar biasa. Misalnya keris, dengan bahan dan proses yang sama dapat dibuat seperti perhiasan yang ringan dan indah. Anak muda Indonesia memang memiliki talenta yang tidak kalah dengan anak muda di mana pun. Pemerintah akan terus mendukung generasi muda dengan mengembangkan ekosistem usaha yang membuat mereka berkembang,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan juga menjelaskan, saat ini pemerintah sedang mengatur media sosial, social commerce, dan niaga elektronik (e-commerce). Upaya ini ditempuh agar tercipta perdagangan yang adil. “Pemerintah tidak melarang platform media sosial tersebut, tetapi hanya mengatur agar tidak saling merugikan. Ada beberapa negara seperti India, Uni Eropa, Australia, Amerika Serikat, dan Kanada yang melarangnya. Tetapi, Indonesia tidak melarang, hanya mengatur. Pemerintah mengambil langkah ini untuk melindungi industri dalam negeri,“ urai Mendag Zulkfili Hasan.

Selain itu, pemerintah juga sedang mengatur tata kelola impor. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak terjadi gempuran produk asing di pasar dalam negeri. “Ketentuan impor harus ditata dan dikendalikan agar tidak membuat industri lokal kewalahan,” ungkapnya.


Visited 7 times, 1 visit(s) today
×