Bila tampak kotor, sebaiknya segera diganti baru, namun yang berbahan busa, masih bisa dicuci. Selain menghemat konsumsi BBM, tarikan motor pun jauh lebih enteng.

  1. Setel Klep

Perhatikan pula klep. Apabila celah klep terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin menurun. Biasanya, jika sang pembesut cenderung membetot gas lebih dalam demi meraih akselerasi cepat, efeknya BBM banyak terpakai. Maka itu, kerenggangan komponen ini mesti disetel tepat, sesuai dengan spesifikasi motor masing-masing.

  1. Pakai Fuel Saver

Gunakan aplikasi “part” pengirit bensin. Sebut saja seperti Power FX-Femax, ring bensin, dan sebagainya. Sebab berdasarkan hasil riset, “part” itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10 persen.

  1. Ringankan Beban Motor

Hindari pemakaian aksesori berlebihan yang dapat membuat bobot motor bertambah. Motor yang berat dapat membuat lari ikut berat. Pengendara jadi sering memuntir gas dalam saat hendak berakselerasi cepat. Jadi, sebaiknya gunakan variasi yang berbobot enteng alias ringan.

  1. Cara Berkendara

Hal-hal berkendara yang membuat boros BBM ialah kebut-kebutan, sering memuntir gas mendadak setelah motor berhenti, sering main selip kopling dan lainnya. Sebaiknya, jalankan motor dengan kalem, mengurut gas perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan perseneling pada kondisi kecepatan dan putaran mesin yang pas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here