Ituah mengapa tarikan mesin jadi loyo tapi gelontoran bahan bakar justru lebih besar.

Untuk itu, pemilik kendaraan harus mengerti bagaimana caranya agar kendaraan tidak boros bensin. Simak caranya berikut ini!

  1. Tekanan Ban

Hal ini memiliki manfaat besar dalam menghemat konsumsi BBM. Jika tekanan angin kurang, BBM dapat lebih boros sekira 10-15 persen.

  1. Atur Jarak Main Rem

Jarak rem juga wajib diatur agar tak sampai ‘menempel’, yang tentunya akan membuat lari motor menjadi berat dan membuat boros bahan bakar. Jarak main tuas rem baik depan maupun belakang sebaiknya berada minimal sepertiga dari jarak main tuas secara keseluruhan.

  1. Cek Kondisi Roda

Jika putaran roda berat atau tak presisi, laju motor akan berat, dan memboroskan bahan bakar. Kondisi ini biasanya terjadi karena pelek yang “speleng”, bearing roda yang aus atau kurang pelumasan, dan sebagainya. Maka kondisi roda perlu untuk di cek.

  1. Cek Busi

Usia kerja busi hanya efektif hingga jarak tempuh 6.000-7.000 Km. Lebih dari itu, jika performa busi mulai menurun, hasil pembakaran di ruang bakar juga “ngedrop”. Alhasil pemakaian BBM menjadi boros, sebab campuran gas jadi tak terbakar dengan sempurna, tenaga mesin pun dipastikan akan menjadi loyo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here