Menteri Perindustrian berfoto bersama saat acara perilisan Daihatsu Sigra dan Toyota Calya

Istilah Low Cost Green Car (LCGC) pertama kali diperkenalkan lewat Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau. Dari peraturan tersebut, terdapat 2 hal penting yakni mobil produksi harus hemat energi dan dibanderol dengan harga yang murah sesuai kondisi perekonomian Indonesia.

Kebijakan yang dibuat oleh mantan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, mampu menjawab berbagai tantangan globalisasi seperti menghadapi Free Trade Area atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Penandatanganan kebijakan ini dilakukan pada 23 Mei 2013 yang kemudian mampu mendorong produksi dan penggunaan mobil emisi karbon rendah di Indonesia. Lewat kebijakan ini, Indonesia akan terus bersaing ketat dengan perekonomian negara-negara di Asia terutama dalam sektor otomotif.

Menteri Perindustrian berfoto bersama saat acara perilisan Daihatsu Sigra dan Toyota Calya

Dengan diberlakukannya kebijakan LCGC, perusahaan otomotif di Indonesia yang ingin masuk ke dalam segmen itu diharuskan untuk melakukan beberapa syarat seperti penggunaan mesin mobil dengan kapasitas silinder 980-1.200 cc yang memiliki daya konsumsi bahan bakar 1 Liter untuk 20 Kilometer. Adapun bahan bakar yang digunakan harus menggunakan Research Octane Number (RON) 92 setara Pertamax untuk mesin berbahan bakar bensin. Sedangkan untuk mobil berbahan bakar diesel diharuskan menggunakan Cetane Number (CN) 51 setara Dexlite untuk diesel.

Mobil LCGC juga akan menggunakan 80% komponen domestik yang akan memberikan dampak positif pada pembangunan industri komponen otomotif Indonesia serta meningkatkan kemandirian nasional teknologi otomotif di Indonesia. Selain itu, mobil-mobil LCGC juga diharuskan untuk menggunakan lambang atau logo yang mampu memberikan nuansa kekayaan alam dan budaya di Indonesia.

Ilustrasi LCGC sebagai mobil yang dibanderol dengan harga yang terjangkau dan ramah lingkungan

Kebijakan tersebut akhirnya mendorong banyak perusahaan otomotif untuk berlomba-lomba menciptakan mobil LCGC yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di Indonesia. Dalam kategori mobil 4 Seaters terdapat beberapa produk LCGC seperti Daihatsu Ayla, Datsun Go, Karimun Wagon R, Toyota Agya dan Honda Brio. Sedangkan pada kategori mobil 7 Seaters terdapat 2 produk yang terus bersaing ketat yakni Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Kategori LCGC cukup banyak berkontribusi dalam penjualan mobil. Hal ini dapat terlihat pada Toyota Calya misalnya, mampu menyumbang 31,1 % dari seluruh hasil penjualan Toyota di tahun 2017. Sedangkan produk Daihatsu Sigra sendiri, mampu menyumbangkan 18,9% dari total penjualan Daihatsu. Hal ini tentu cukup menarik karena selain memberikan harga yang terjangkau dan ramah lingkungan, mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra menawarkan fitur 7 Seaters yang tentu saja akan memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia.

Penampilan salah satu mobil LCGC yakni Toyota Calya (kiri) dan Daihatsu Sigra (kanan)

Jadi dapat disimpulkan bahwa mobil LCGC memiliki ciri khas tersendiri yang mampu menarik perhatian masyarakat Indonesia. Desainnya yang dikemas apik dan menggoda, dipadukan dengan harga yang terjangkau dan ramah lingkungan. Hal ini yang kemudian menjadikan masyarakat Indonesia banyak memilih mobil LCGC sebagai mobil impian mereka. Adapun fitur 7 Seaters pada Toyota Calya dan Daihatsu Sigra menjadi salah satu penawaran yang patut untuk diperhitungkan. Sedangkan mobil 5 Seaters sendiri lebih cocok untuk kaula muda yang memiliki kegiatan sosial layaknya pergi ke kampus, perjalanan kota ataupun kegiatan bisnis.

Bagaimana informasi ini cukup menarik bukan? Bagi anda yang menyukai berbagai informasi menarik terkait dunia otomotif, anda dapat mengunjungi situs resmi kami di Hargamobil.com. Website yang kami hadirkan, juga memberikan berbagai informasi seperti review mobil terbaru, kolom harga mobil serta rubrik tips & trick. Lewat informasi yang kami unggah, diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat khususnya dalam tata cara perawatan mobil anda ataupun ulasan kritis tentang mobil-mobil terbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here