IOTOMOTIF.com – PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia (YIMM) pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show meluncurkan motor supersport mereka, All New YZF-R1 dan YZF-R1M. Motor ini sebelumnya memulai debut di EICMA Milan, November 2014.

“Konsep dasar All New YZF-R1 bernafaskan spirit We R1. Lebih spektakuler lagi yakni teknologi mesin MotoGP YZR-M1 yang diterapkan pada produk spesial ini. Mengusung new crossplane engine, short wheelbase chassis, dan high-tech electronics,” kata Muhamad Abidin selaku GM Aftersales & Motorsport YIMM.

Untuk masalah harga, Yamaha menawarkan YZF-R1 dengan harga Rp 495 juta, sedangkan untuk versi edisi khusus Yamaha YZF-R1M dilepas dengan harga Rp 645 juta. Dan hebatnya meski ditawarkan dengan harga yang tinggi, ternyata unit yang tersedia untuk pasar Indonesia sudah habis terjual dalam sehari digelarnya pameran. Namun jangan khawatir, Yamaha Indonesia megatakan bahwa mereka akan meminta unit tambahan langsung dari Jepang, namun jumlah yang akan hadir masih belum diketahui berapa unit.

“Motor yang ini (yang sudah ke jual) sudah tinggal tunggu dari kapal. Kira-kira 3 bulan. Rencananya kita minta 10 unit lagi (5 unit YZF-R1 dan 5 unit YZF-R1M). Tapi yang dikasih berapanya saya belum tahu, sebab YZF-R1 produk global, sementara YZF-R1M hanya diproduksi 500 unit setahun,” imbuhnya.

Yamaha All New YZF-R1 hadir dengan sumber tenaga mesin berkapasitas 998 cc 4-silinder DOHC 16 katup. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 200 HP dan dilengkapi dengan berbagai teknologi yang juga digunakan pada ajang MotoGP. Seperti Slide Control, Front Lift Control, Quickshifter, Launch Control, Kendali Traksi kemiringan, ABS, dan Unified Brake System.

“Untuk menyalurkan hobi balap pemilik, kita adakan Sunday Race yang berlangsung sebanyak 5 kali dalam setahun. Sementara untuk jalan-jalan dan senang-senang kita ada Track Day yang diadakan tiap bulan. Motor yang ikut serta di Track Day mulai dari R15,” pungkas Masykur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here