IOTOMOTIF.com – Pemasok ban tunggal ajang balap jet darat, Formula 1, Pirelli akan mencoba ban berukuran 18 inci pada sesi tes pascalomba di F1 Silverstone 2014. Usaha untuk mencoba ban berukuran 18 inci ini dilakukan oleh Pirelli sebagai langkah yang lebih relevan dengan kondisi mobil masa kini yang sudah tidak menggunakan ban berukuran 13 inci.

“Ban 13 inci sudah tidak relevan lagi dengan pemakai ban jalan raya harian, bahkan ban 18 inci sudah dipakai oleh mobil standar saat ini,” ujar Paul Hembery, motorsport director Pirelli.

Sesi ujicoba yang dilakukan oleh Pirelli ini memang tidak berkaitan dengan kemungkinan adanya perubahan regulasi mengenai penggunaan ban dan pelek. Namun Pirelli sangat serius untuk merancang ban baru 19\8 inci dan disebut bisa berfungsi normal.

“Kami selalu bulang kami akan melakukan apa yang diinginkan olahraga inidan banyak diskusi bagaimana jadinya mobil F1 kalau pakai ban 18 inci. Kami pikir boleh juga coba bikin,” tambahnya.

“Memang tidak ada di regulasi, tidak akan terjadi juga adalam dua atau tiga tahun ini, jadi Cuma memberi gambaran bagaimana tampang mobilnya kalau pakai ban 18 inci. Kami harus membuat ubahan kecil pada mobil supaya bisa dipasang, tapi kami rasa boleh saja kalau hanya untuk latihan, karena semua orang membicarakan hal ini dan hal ini belum pernah dilihat sebelumnya,” tambahnya seraya mengakui bahwa dengan penggunaan ban 18 inci, maka tempat untuk branding logo Pirelli tentunya akan mengecil karena profilnya akan menjadi lebih tipis.

Pada uji coba ini rencananya akan dilakukan oleh Pirelli bersama tim Lotis pada saat sesi tes pascalomba di Silverstone nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here