iotomotif.com – Muscle car atau mobil berotot khas Amerika Serikat, Chevrolet Camaro, memang memiliki pesona tersendiri. Desain mobil diambil dari model klasik 1969, Camaro ini adalah perpaduan handling, power, safety dan efisiensi bahan bakar yang baik. Chevrolet Camaro sendiri tersedia dalam empat model trim LS, LT, SS dan ZL1. Camaro LS dan LT menggunakan mesin V6 berkapasitas 3,6 liter dengan daya 323 tenaga kuda. Asupan bahan bakar injeksi langsung, dengan transmisi manual atau otomatis enam percepatan. Sedangkan Camaro SS bermodalkan mesin V8 dengan kapasitas mesin 6,2 liter. Daya yang mampu disemburkan mencapai 426 tenaga kuda, dengan transmisi manual enam kecepatan sebagai model standar. Tersedia juga transmisi otomatis dengan daya 400 tenaga kuda.

Fitur standar yang tertanam pada Camaro adalah suspensi belakang independen, kontrol stabilitas StabiliTrak dengan kontrol traksi, enam airbag, AC, OnStar dan Sirius XM radio satelit. Dalam challenging road course di Nürburgring, Jerman Chevrolet Camaro Z/28 baru saja mencatat waktu 7:37:40. Perolehan waktu ini lebih cepat 4 detik dari Chevrolet Camaro ZL1.

Hasil memuaskan ini dapat Chevrolet raih be rkat sejumlah komponen baru yang disesakkan pada Camaro Z/28. Pada sektor mesin misalnya, Chevrolet Camaro Z/28 menggunakan mesin 7.0-liter LS7 yang sudah dilengkapi pula dnegan komponen high performance dan material berbahan dasar titanium seperti pada katup intake, kepala silinder, serta crankshaft. Sistem transmisi 6-speed manual close-ratio juga mampu mendistribusikan tenaga 505 Hp dengan torsi 652 Nm ke roda belakang melalui limited-slip differential.

“Salah satu tantangan pengujian ini adalah kondisi cuaca yang berubah-ubah,” kata Chief Engineer Camaro, Al Oppenheiser. “Adam Dean sang pengemudi Z/28 melakukan pekerjaan baik meski dalam kondisi terburuk, karena kami tahu Z/28 bisa lebih cepat 6 detik dari ini jika lintasan kering,” lanjutnya.

Catatan waktu Chevrolet Camaro Z/28 di Nürburgring ini memang didapat pada saat kondisi lintasan basah dan hujan deras saat akhir putaran. Dan berikut ini video dari model ini di Nurburgring;

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here