Bersihkan kerak-kerak, karat, debu, kotoran, minyak oil yang terdapat pada coil-coil dan sirip-sirip AC. Anda dapat membersihkan nya dengan menggunakan pembersih yang cukup kuat dan di formulasikan khusus untuk membersihkan bagian-bagian tersebut. Selain itu periksa filter kabin selama satu bulan atau dua bulan sekali.

Untuk perawatan tahunan, gantilah beberapa komponen-komponen di dalam AC mobil seperti Receiver Dryer, Oil Compresor, Services Blower, Evaporator. Selain itu kuras pula condensor dan freon. Dengan melakukan perawatan tersebut dengan rutin akan membuat komponen-komponen AC mobil anda menjadi tahan lama dan akan membuat hembusan udara AC mobil jauh lebih segar.

  1. Larangan-larangan dalam berkemudi

Pastikan anda tidak merokok selama anda berkendara di dalam mobil anda. Asap rokok akan dapat mengotori evaporator. Nikotin pada rokok akan lengket dan berlendir serta dapat menimbulkan bau yang tidak sedap pada mobil anda dan susah untuk dihilangkan.

Jangan menurunkan temperatur penyejuk udara di dalam mobil anda bila anda sedang berkendara dalam kecepatan yang tinggi. Pastikan untuk mematikan AC terlebih dahulu sebelum anda menghidupkan mesin mobil anda. Ketika mesin mobil sudah stabil, baru anda diperbolehkan untuk menghidupkan AC mobil. Begitu pula sebaliknya, matikan AC mobil terlebih dahulu sebelum anda mematikan mesin mobil anda.

  1. Perhatikan Pengharum Mobil

Jangan menggunakan pengharum mobil yang kualitas belum jelas. Pengharum mobil abal-abal akan membuat bau pada mobil dan susah untuk dibersihkan. Selain itu jangan memakai pengharum mobil yang berbentuk colokan ke grill sebab akan memiliki resiko patah (Sebagian grill pada mobil susah untuk di beli di pasaran). Dan yang terakhir jangan mengendarai mobil dengan keadaan jendela mobil anda terbuka lebar padahal AC mobil sedang dinyalakan.

  1. Waktu Menyalakan AC Mobil Yang Baik

Sebaiknya anda menyalakan mobil dalam hitungan 2-5 menit terlebih dahulu, baru menyalakan acnya. Hal ini penting untuk meningkatkan kinerja Aki agar lebih stabil dalam memberikan tekanan ke ac.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here