OTTAWA, IOTOMOTIF.com – Perusahaan spesialis kendaraan off-road asal Amerika Serikat, Polaris berencana meluncurkan ban tanpa angin tahun depan. Ban tanpa angin milik Polaris ini akan diberi nama Non-Pneumatic Tires.

Ban tanpa angin ini dikembangkan oleh Resilient Technologies, perusahaan kecil yang diakuisisi oleh Polaris pada tahun lalu. Cara kerja ban ini sangat sederhana, hampir mirip dengan cara kerja roda sepeda, dengan beban akan ditumpukan di bagian atas roda.

adsprl

”Bagian bawah roda dirancang untuk memberikan daya dorong pada jalan berbatu, trotoar dan lainnya,” jelas juru bicara Polaris, Jason Difuccia.

Sedangkan untuk bentuk ban tanpa angin ini memiliki bentuk yang jauh berbeda dengan ban konvensional dengan tidak adanya struktur donat di bagian luarnya. Ban tanpa angin ini juga dirancang lebih fleksibel, dengan karet berada di bagian luar. Tambahan lain, struktur penyangga yang juga lentur.

Meskipun didesain untuk off-road, Polaris juga mengklaim bahwa ban ini juga bisa dipakai untuk segala medan. Dan tentunya dengan kehadiran ban tanpa angin ini, Non-Pneumatic Tires, berkendara akan menjadi lebih praktis, tanpa perlu khawatir akan bocor atau tak usah berpikir membawa ban serep dan dongkrak.

Teknologi ban yang tidak lagi membutuhkan asupan udara ini bukanlah hal yang baru. Sebelumnya, Michelin juga pernah memamerkannya pada 2005 lalu. Namun sayangnya hingga kini, produsen ban asal Perancis tersebut tak kunjung memproduksinya secara masal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here