iotomotif.comMcLaren P1 merupakan mobil limited memproduksi 375 unit. Mobil yang diproduksi oleh McLaren Production Centre (MPC) yang berlokasi di Woking, Inggris ini membutuhkan 82 mekanik yang berada di 4 tahapan produksi. Untuk membuat sebuah McLaren P1 membutuhkan waktu 17 hari kerja. Bila MPC bekerja dalam kapasitas penuh, maka ia akan mampu memproduksi 1 unit McLaren P1 setiap hari. Proses pembuatan McLaren P1 ada 4 tahap, yaitu structural assembly, painting, trim assembly, dan final assembly.

Tahap 1: structural assembly
Di sini sasis MonoCage berbahan carbon fibre dipersiapkan. Sasis yang kuat ini memiliki berat hanya 90 kg.

adsprl

Tahap 2: painting
McLaren P1 memiliki 7 buah panel bodi berbahan carbon fibre. Komponen tersebut dicat secara khusus oleh seorang painter profesional. Pengecetan seluruh panel dilakukan bersamaan untuk menjamin ketepatan warna antar bagian. Proses pengerjaan panel bodi lengkap untuk 1 mobil membutuhkan waktu 3 hari.

Tahap 3: trim assembly
Sasis dan panel bodi yang sudah dicat kemudian dirakit. Sub-frame depan, pintu bumper, dan lain-lain dipasang satu persatu. Ada 10 tahap pemasangan di sini dan setiap tahap dikerjakan oleh 2 orang mekanik.

Tahap 4: final assembly
Pada bagian ini McLaren P1 mesti menjalani serangkaian pengetesan ketat. Tim tes McLaren akan melakukan pengujian sehari penuh di proving ground untuk setiap mobil yang diproduksi. Salah satu contoh pengetesan yang dilakukan adalah melihat performa mobil dengan berbagai macam setting. Setelah itu dilakukan Monsoon Test. Di sini 16.000 liter deionised recyacled water diguyur ke mobil untuk memastikan semua seal terpasang dengan baik. Sebuah pengecekan lengkap kolong mobil dan proses diagnosa lengkap mesti dilakukan sebelum status konfirmasi lolos audit dikeluarkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here