All-New Mazda6 2013 Indonesia Bebas Recall

IOTOMOTIF.com – Kabar recall terhadap 1.500 unit All-New Mazda6 di Australia nampaknya tidak berpengaruh terhadap All-New Mazda6 yang beberapa waktu lagi akan diperkenalkan di Indonesia. Bahkan pihak Mazda Indonesia menegaskan bahwa Mazda6 aman saat diluncurkan nanti.

Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia Astrid Ariani Wijaya memaparkan kalau recall yang terjadi di Australia memang berpengaruh. “Saat ini ada 6 unit yang sudah ada dan digunakan media untuk dites (Lihat: Media Test Drive Mazda6 di Bali). Tapi pemberitahuan dari Jepang sudah datang dari minggu lalu, jadi unit yang sekarang dipakai media itu aman, kita sudah lakukan perbaikan langsung setelah diberitahu dan diberi panduan,” katanya di Denpasar, Bali.

Sementara itu, unit untuk konsumen menurut Astrid akan diamankan. Karena, saat ini sendiri Mazda belum mulai menjual Mazda6 ke konsumen. Sebab Mazda baru meluncurkan Mazda6 pada 10 April mendatang. “Kita kan belum menjualnya. Karena baru kita luncurkan 10 April nanti, kemungkinan unit pertama yang kita kirim ke konsumen baru pada minggu ketiga April. Sebelum kita kirim tentu kita akan pastikan semua aman dan tidak punya masalah,” jelasnya.

Seperti yang telah diinformasikan pada artikel sebelumnya (Lihat: All-New Mazda6 Recall di Australia). Sebanyak 1.500 unit Mazda6 terbaru terpaksa terkena recall di Australia. Penarikan besar-besaran Mazda6 tersebut disebabkan oleh kapasitor untuk menyimpan energi dari pengereman terlalu panas. Jika didiamkan akan mengakibatkan terjadinya kebakaran.

Pada fitur ini, energi kinetik dari deselerasi dikonversi mobil ini menjadi listrik dan digunakan untuk menyuplai berbagai kebutuhan seperti audio dan lainnya.

Fitur i-ELOOP akan mengisi kapasitor saat deselerasi baik mengerem, lepas gas atau turunan. Dalam beberapa detik kapasitor sudah bisa penuh dan bisa dilihat di MID. Saat akselerasi, kapasitor akan menggantikan fungsi alternator untuk memberikan listrik kepada komponen kelistrikan mobil seperti audio, lampu, AC, dll. Apabila terdapat surplus, maka listrik tersebut akan disalurkan untuk mengisi aki, sehingga alternator tidak perlu bekerja dan tidak membebani mesin.

Generasi terbaru All-New Mazda6 sendiri direncanakan resmi diluncurkan di Indonesia 2 minggu lagi. Hadir dengan mesin yang dirancang untuk kinerja maksimum yakni SKYACTIV-G 2.5L, 4-silinder Inline, DOHC, 16-katup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here