Kapasitor Panas, Mazda Recall 1.500 All-New Mazda6 di Australia

Sydney, IOTOMOTIF.com – Meskipun terbilang masih sangat baru, sedan mewah terbaru Mazda6 yang didistribusikan ke Australia sekitar 1.500 unit terpaksa harus ditarik kembali dan diperbaiki (recall). Termasuk 1.000 unit yang masih dalam proses pengiriman, seperti yang diberitakan oleh Carsguide siang tadi (25/3).

Recall Mazda6 ini dikarenakan kapasitor untuk menyimpan energi dari pengereman, terlalu panas, dan jika hal tersebut dibiarkan nantinya akan menimbulkan kebakaran. Untuk penggantian komponen kapasitor bermasalah Mazda6 ini membutuhkan waktu satu jam.

“Kerusakan timbul dari komponen yang diproduksi pihak ketiga. Saat ini kami sedang menunggu ketersediaan barang tersebut, masih dalam proses pengiriman. Diperkirakan, perbaikan dimulai paling cepat pertengahan April mendatang,” terang Steve Macivier. juru bicara Mazda Australia. Hingga saat ini belum ada laporan insiden akibat kerusakan tersebut.

Mazda6 merupakan model pertama yang dibekali dengan kapasitor untuk menyimpan energi yang di hasilkan pada saat mobil melakukan pengereman. Energi hasil pengereman tersebut kemudian di simpan pada kapasitor dan disalurkan untuk digunakan membantu mengoperasikan AC, audio, dan perangkat elektronik yang ada didalam kabinnya. Tujuannya untuk meringankan kerja mesin dan dapat menghemat bahan bakar.

Sementara untuk di Indonesia sendiri, rencananya sedan mewah Mazda6 ini akan diluncurkan April mendatang. Saat ini Mazda6 juga sedang dites oleh wartawan di Pulau Dewata Bali . (Lihat juga : New Mazda6 Skyactiv, Siap Meluncur di Indonesia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here