X-Ride, Pertaruhan Yamaha Kuasai Pasar Skutik Indonesia

IOTOMOTIF.com – Permintaan motor matik yang tinggi di Indonesia membuat PT Yamaha Indonesia Motor Manufactur (YIMM) segera meluncurkan produk skutik terbarunya, yaitu Yamaha X-Ride atau dikenal juga dengan nama Yamaha TTX di Thailand.

“Nanti kami luncurkan Yamaha X-Ride 27 Maret di Yogyakarta. Kami akan bawa ke Merapi juga, karena memang cocok disana,” ujar Manajer Komunikasi Pemasaran PT YIMM, Eko Prabowo, saat media gathering di Lido Resort, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 23 Maret 2013.”

Yamaha X-Ride diklaim sebagai skutik trail yang tangguh melintasi medan aspal maupun bebatuan berkat bodi yang ramping serta kaki-kakki yang dibalut dengan ban ‘pacul’ (off-road). Skutik terbaru Yamaha yang dibangun dari platform dan mesin dari Mio J ini merupakan jenis skutik segmen baru yang hadir di Indonesia. Skutik off-road ini bisa dibilang sebuah terobosan sekaligus “perjudian” Yamaha untuk bisa menyusul Honda.

Sebelumnya, Wakil Presiden Direktur eksekutif Yamaha Indonesia, Dyonisius Beti, mengatakan bahwa perusahaannya siap menerima konsekuensi jika model ini menemui kegagalan di pasaran. “Belum ada kompetitor di kelas tersebut. Risiko jadi trendsetter ini bisa gagal atau berhasil,” kata Dyonisius.

Yamaha X-Ride disebut-sebut sebagai penantang dari Honda Zoomer-X yang sama-sama mengusung model skutik trail. X-Ride menggunakan mesin injeksi 115cc yang sama seperti pada Mio J. Mesinn tersebut menggunakan tipe mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 115 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm. Meski menggunakan mesin berkapasitas 115cc, Yamaha memberikan nuansa skuter dengan kemampuan motor berkapasitas 1.000cc, dan kenyamanan layaknya motor 250cc. Yamaha TTX 115i menggunakan profil roda belakang 100/70 R14 dengan suspensi khusus. Sementara itu untuk kehadiran Honda Zoomer-X di Indonesia sendiri masih belum ada kejelasan.

Untuk informasi harga, fitur dan spesifikasi detil tentang skutik trail Yamaha X-Ride ini Yamaha berjanji akan mengungkapnya menjelang hari ‘H’ peluncuran resminya pada 27 Maret mendatang. Kita tunggu saja tanggal mainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here