Mengintip Pabrik Perakitan Toyota Etios Valco di Karawang

Jawa Barat, IOTOMOTIF.com – Akhirnya, setelah penantian yang panjang, Toyota merilis city-car terbarunya di Indonesia yang diberi nama Etios Valco yang akan mengisi celah segmen city car diantara Yaris dan Agya.

Toyota Etios Valco sendiri diproduksi di pabrik ke-2 Toyota di Karawang yang berdiri diatas lahan seluas 100 hektar dan luas bangunan 11 hektar. Dimana pada pabrik baru Toyota ini, dilakukan produksi Etios valco dari 0 alias dari plat. Seperti halnya produksi Chevrolet Spin Indonesia yang dilakukan di Bekasi (Lihat: Pabrik Perakitan Chevrolet Spin)

Pembangunan pabrik baru Toyota Indonesia di Karawang memakan biaya yang tidak sedikit, yaitu Rp. 3,3 triliun telah digelontorkan Toyota untuk pabrik yang dibangun sejak September 2011 lalu. Investasi ini mencakup keseluruhan bangunan berserta fasilitas yang hadir di dalamnya.

“Pabrik ini juga kami buat ramah lingkungan karena kami menggunakan tenaga surya sebesar 20.000 watt yang digunakan untuk sebagian produksi disini,” ungkap Irwan Priyantoko, Chief External Relations PT. Toyota Motor Manufactur Indonesia.

Pabrik Toyota Karawang memiliki kapasitas produksi yang lumayan tinggi, mampu memproduksi sedikitnya 2.000 unit mobil Toyota Valco per bulan. Saat ini pabrik masih bekerja dalam satu shift dengan kapasitas maksimal 120.000 unit mobil per tahun dan mempekerjakan sedikitnya 1.100 pekerja. Untuk sementara, pabrik ini masih akan memproduksi Toyota Etios Valco. Namun pertengahan tahun ini, diharapkan akan ada mobil baru yang diproduksi langsung di pabrik Toyota Karawang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here