Arti Dibalik Nama Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Jakarta, IOTOMOTIF.com – PT Astra International Tbk (ASTRA), Toyota Motor Corporation dan Daihatsu Motor Company telah memperkenalkan mobil murah hasil Kolaborasi yang dinamakan Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla pada IIMS 2012 yang lalu. Ternyata penamaan Agya dan Ayla ini diambil dari bahasa Indonesia kuno yaiu sansekerta.

Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sudirman M Rusdi mengungkapkan nama-nama tersebut diambil untuk memenuhi salah satu syarat LCGC.

“Dalam peraturan LCGC itu, salah satunya harus menggunakan nama lokal. Makanya kita lihat manufakturnya siapa, Astra Daihatsu dan Astra Toyota, itukan nama lokalnya,”.

Dimana nama kedua mobil tersebut diambil dari bahasa Sansekerta, Agya yang berarti cepat dan Ayla berarti cahaya. Selain menggunakan nama bahasa Indonesia, ternyata kedua mobil tersebut didesain oleh desainer Indonesia, Mark Widjaja.

Sebenarnya Toyota Agya dan Daihatsu Ayla direncanakan untuk segera dipasarkan di Indonesia, namun kebijakan regulasi LCGC dari pemerintah yang masih mengambang dan tak kunjung selesai membuat kedua mobil murah LCGC ini terhambat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here