Sekilas Fungsi Dasar Ban Pada Mobil

IOTOMOTIF.com – Ban merupakan bagian penting dan vital pada kendaraan. Ban pada mobil memiliki fungsi dasar selain sebagai bagian dari sistem suspensi dan kontrol arah kendaraan, ban juga berfungsi langsu pada kontrol traksi dan pengereman mobil. Dari fungsi-fungsi dasar tersebut, pengendara mobil atau pemilik mobil tentunya harus memperhatikan dan mengetahui teanan angin ban secara ideal, karena berpengaruh pada keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara serta membuat umur pemakaian ban menjadi lebih lama.

Jika tekanan angin pada ban berlebih dari ukuran yang dianjurkan, dapat menjadikan kontak tapak ban dengan permukaan jalan menjadi tidak rata, sebab hanya bagian tengah dari telapak bannya saja yang menapak permukaan jalan. Kondisi ini akan menyebabkan permukaan ban bagian tengah lebih cepat mengalami keausan dan akan membuat umur ban jadi lebih pendek, tidak stabil pada pengendaraan kecepatan tinggi, jalan basah maupun menikung. Ban juga tidak aman digunakan karena mudah pecah jika terjadi tumbukan dengan benda keras atau lubang jalan dan tentunya berbahaya pada keselamatan.

Sedangkan tekanan angin ban yang berkurang akan membuat kontak tapak ban dengan permukaan jalan tidak merata pada kedua sisi (luar-dalam) telapak ban. Kondisi ini lah yang menyebabkan permukaan ban di sisi luar dan dalam lebih cepat aus, selain itu tidak stabil jika dipakai pada kecepatan tinggi maupun saat menikung. Dampak negatif lainnya juga akan memicu efek aquaplaning lebih besar, ketika mobil menerjang genangan air pada kecepatan tinggi, dan kondisi ini sangat berpotensi menjadi penyebab kecelakaan di jalan raya. Selain hal-hal yang telah disebutkan, silahkan baca beberapa tips untuk merawat ban agar lebih awet dan berumur panjang pada artikel sebelumnya : tips merawat ban mobil. Tetap simak ulasan berita dan tips seputar otomotif, mobil dan motor hanya di iotomotif.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here