Tips Merawat dan Membersihkan Kaca Film Pada Mobil

IOTOMOTIF.com – Sebagian besar mobil yang beredar dipastikan memakai kaca film. Selain dapat meningkatkan penampilan mobil, kaca film juga dapat memberi privasi dan menjaga kabin dari sinar matahari. Namun, jika kaca film suda jelak akibat tergores, terkelupas ataupun memudar akan memperburuk tampilan mobil, selain sudah tidak berfungsi lagi. Pasalnya kaca film terbuat dari beberapa lapisan, yang bagian terluarnya dapat tergores oleh kain pembersih atau rusak akibat zat amonia.

Jika melakukan perawatan yang salah pada kaca film, justru dapat merusak lapisan perekat dan menyebabkan kaca film mengelupas atau retak. “Perawatan yang teliti dan tepat akan membuat umur kaca film lebih panjang, selain itu bisa membuat tampilannya lebih cerah dan bersih,” jelas Christopher Sebastian, President Director PT Makko Raya Cemerlang (MRC), pemegang merek kaca film Masterpiece dan O2 di Indonesia.

Menurut Christoper, perawatan kaca film memiliki beberapa tips agar kaca film lebih awet dan tahan lama.Berikut ini tips langkah-langkah merawat kaca film.

  • Jangan menggunakan cairan kimia atau pembersih yang mengandung asam, alkohol atau cuka karena dapat merusak permukaan kaca film dan menyebabkan kaca film kehilangan fungsinya sebagai penolak panas untuk melindungi kabin.
  • Cukup gunakan air biasa dalam membersihkan, sebaiknya air suling atau air mineral untuk minum, karena sudah tidak mengandung unsur logam dan asam. Kemudian campur dengan sedikit shampo bayi, masukkan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke permukaan kaca film.
  • Mengeringkan kaca film menggunakan kain halus seperti lap mikrofiber atau kanebo, sebaiknya lap yang digunakan untuk membersihkan kaca film terpisah dengan lap untuk exterior mobil. Supaya tak mengandung pasir atau kotoran kasar lainnya yang dapat merusak lapisan kaca film.
  • Sebaiknya lakukan pembersihan kaca film saat kondisi permukaan kaca dingin, atau tidak terkena sinar matahari langsung. Sebab jika kondisi kaca panas, akan membuat lapisan kaca film lebih mudah tergerus jika dibersihkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here