Home » News » Modification » Modifikasi Mobil » Modifikasi Daihatsu Terios TX 2007, Penggerak Roda 4×4
Modifikasi Mobil

Modifikasi Daihatsu Terios TX 2007, Penggerak Roda 4×4

IOTOMOTIF.com – Setelah melewati berbagai macam proses dan waktu yang panjang, akhirnya Taufiq Nugroho berhasil melakukan modifikasi Daihatsu Terios nya menjadi 4WD (4-Wheel Drive).

Pada mulanya, Taufiq sudah sejak lama memiliki ide melakukan ubahan modifikasi pada Terios keluaran tahun 2007 miliknya. Ditambah rasa penasaran pria lulusan teknik mesin ITB ini, kenapa Terios di Indonesia enggak mengeluarkan versi 4WD-nya.

Akhirnya pria penggemar kendaraan 4WD ini mulai tanya-tanya lewat mailing list. Namun hasilnya nol. Kemudian sempat bertanya pada teman–teman pakar jip, malah dibilang susah.

Ide dan keinginannya melakukan modifikasi Terios menjadi 4WD miliknya sempat berhenti ditambah kesibukannya kerja di Kuala Lumpur, Malaysia. Pernah suatu satt niatnya hampir terwujud, ia mendapatkan gardan depan Daihatsu Taruna, tapi setelah melalui proses panjang negosiasi dengan penjual di Malaysia dan kesulitan melalui bea cukai, ternyata komponen tersebut tak bisa dipasang.

Namun, akhirnya rekannya yang juga importir komponen menawarkan satu set gardan case serta disc brake depan berikut udukan eks mobil Perodua Nautica 4WD, yaitu nama lain Terios di Malaysia. Secara fisik, Daihatsu Terios dan Perodua Nautica 4WD memiliki kesamaan fisik, hanya saja Perodua Nautica memiliki wheelbase yang sedikit lebih pendek.

Ternyata proses modifikasi Terios menjadi 4WD cukup rumit, Sebab untuk memasang gardan dan transfer case, dudukan yang ke sasis harus dipasang secara bolt-on. Lebih rumit lagi karena harus melepas sistem independen suspensi depan Terios. Setelah itu baru bisa dipasang gardan depan dan transfer case-nya.

Untuk kopel depan bisa langsung dipasang karena menggunakan bawaan Nautica. Tak demikian dengan bagian belakang. Kopel belakang bawaan Terios harus dipotong supaya bisa tersambung dengan transfer case.

Proses modifikasi yang sebenarnya sudah selesai tersebut ternyata masih juga berkendala. Ground clearance masih terlalu rendah untuk roda dan 4WD frame depan. “Hanya kurang 17 cm, tentu saja I’am not happy karena bakalan mentok sana mentok sini,” ujar pria yang sudah kental logat Melayu ini

Pada akhirnya frame depan dan semua sistem 4WD-nya diturunkan lagi. Karena perlu modifikasi frame 4WD untuk mendapatkan ground clearance yang cukup. “Now (ground clearance) sekitar 25 cm dari tanah. Cukup lah untuk main ke pantai dan light off-road,” imbuhnya.

Dengan sistem 4WD permanent (full time) bawaan Nautica, Daihatsu Terios milik pria asal jogja ini dapat diajak menaklukkan medan off-road.









Get a weekly email with best free content
Subscribe