Hanya Sekali Menang, Joan Mir Berhasil Raih Gelar Juara MotoGP 2020

  • Whatsapp
Joan Mir Suzuki Juara MotoGP 2020
Joan Mir Suzuki Juara MotoGP 2020

IOTOMOTIF.com – Joan Mir memang hanya finish di posisi ke 7 pada MotoGP Valencia tadi malam, namun hal tersebut sudah cukup untuk memastikan gelar juara MotoGP 2020. Pembalap Suzuki itu berhasil meraih gelar juara dunia pertamanya serta mempersembahkan gelar juara pertama Suzuki dalam 20 tahun terakhir dan menjadi pembalap ke-6 Suzuki yang pernah meraih gelar juara di MotoGP.

Sepanjang musim MotoGP tahun ini memang sangat liar. Dengan Marquez menderita cedera dari awal hingga akhir musim, pertarungan memperebutkan gelar dimulai antara pembalap muda yang haus akan kemenangan. Ada sembilan pemenang berbeda tahun ini dan empat pemenang konstruktor berbeda.

Read More

Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo berhasil memuncaki klasemen sementara cukup lama di awal musim dengan hasil dua kemenangannya di putaran pembukaan musim 2020. Tapi jarak yang dia pegang dalam kompetisi dengan cepat menyusut dengan pemenang balapan yang terus berganti membuat persaingan makin sengit antar pembalap.

Menariknya, Joan Mir pada musim ini hanya berhasil meraih satu kemenangan, yakni di sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol awal bulan ini.

Selama balapan di Valencia, kompetitor terbesar Mir, Quartararo sayangnya mengalami kecelakaan pada tikungan kedua dan akhirnya keluar kompetisi. Hal tersebut membuat gelar juara dunia tahun ini dengan mudah jatuh ke Mir.

Franco Morbidelli yang akhirnya memenangi balapan, mampu menyelinap memimpin sejak lap pertama. Dia memegang teguh di depan para pesaingnya, meskipun Jack Miller perlahan-lahan mendekat dan sempat bertarung sengit di lap terakhir. Dia akhirnya tidak berhasil dan harus puas dengan posisi kedua. Pol Espargaro, Alex Rins, dan Brad Binder melengkapi posisi lima besar.

Joan Mir yang berusia 23 tahun baru menjalani musim keduanya di MotoGP. Tahun lalu, dia finis di posisi ke-12 dalam klasemen. Tahun ini, ia merebut Kejuaraan Dunia meski hanya meraih satu kemenangan dan hanya dua kali gagal finish balapan.

Related posts