Tips Membeli Vespa 2-Tak Bekas, Perhatikan Bagian Bodi dan Mesin

IOTOMOTIF.com – Walau telah hadir jajaran Vespa matic modern generasi terbaru, pesona Vespa lawas tak lekang oleh waktu.

Vespa 2-tak masih banyak diminati oleh penggemar skuter, walau jadul dan pastinya berstatus bekas, harga jual vespa 2-tak lawas ternyata masih tinggi.

Seperti yang dipantau oleh IOTOMOTIF di beberapa marketplace otomotif, Vespa di bawah tahun 1970 seperti model Vespa Super atau Sprint, termurah dijual dengan harga mulai Rp 10 juta hanya berstatus bahan.

Sementara yang sudah rapi dan siap pakai bisa menyentuh angka setidaknya Rp20 juta hingga lebih dari itu.

Bagi para penggemar yang berniat berburu Vespa 2-Tak bekas, ada tips khusus dari Endar, mekanik bengkel spesialis Vespa 2-tak, Sar Motor di Bogor.

Tip ini mulai dari pengecekan dengan penuh ketelitian pada bagian bodi dan mesin.

“Terutama perhatikan kondisi bodi, apa ada yang keropos pada bagian tertentu atau tidak. Bisa cek pada bagian dek dan dudukan shockbreaker belakang bagian atasnya,” kata Endar, Seperti yang dilansir oleh OTOMOTIF dari laman Kompas Oto.

Lebih lanjut, Endar menjelaskan bahwa pemeriksaan kondisi mesin terutama pada bagian pengisapan. Dimana pada bagian ini diperiksa lubang skep dari karburator.

Pemeriksaan bagian bodi ternyata lebih penting dari mesin, pasalnya menurut Endar lebih mudah memperbaiki mesin dibanding bodi.

Ia menambahkan bahw memperbaiki prosesnya lebih rumit da repot karena harus diketahui ukuran jarak posisi bagian jok depan dengan sayap depan agar bodi dapat kembali lurus.

Jadi bagi pemburu Vespa bekas 2-tak, diutamakan untuk mencari vespa dengan kondisi bodi yang baik dan masih lurus.

Endar juga menjelaskan kondisi bodi yang tidak lurus biasanya bisa terjadi karena dek bawah diganti, dan kembali ke cara pengerjaan dari tukang las.

“Cara mengecek bodi yang senter bisa dengan berkendara sambil melepas kedua tangan dan seimbang. Selain itu bisa juga dengan ukur jarak antara jok dengan sayap depan vespa,” tutup Endar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here