Cegah Corona saat New Normal, Ojek Online Gunakan Partisi, Ini Tanggapan Para Ahli

  • Whatsapp
Ojek Online Gojek dengan Partisi
Ojek Online Gojek dengan Partisi

IOTOMOTIF.com – Menghadapi era new normal, Gabungan Aksi Roda Dua (GARDA) tengah menyiapkan cara agar para penumpang dan pengemudi ojek online atau ojol tengah mempersiapkan cara dan alat agar aman selama masa pandemi corona atau covid-19.

Salah cara yang dipersiapkan adalah menggunakan partisi agar penumpang dan pengemudi tidak langsung bersentuhan badan.

Read More

Igun Wicaksono, Ketua Presidium Nasional GARDA Indonesia mengatakan bahwa banyak pihak awam yang mengomentari cara GARDA untuk mengantisipasi pandemi corona selama masa new normal.

Pakar kesehatan dari Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI), Djasio Sanropie mengungkapkan bahwa cara yang dilakukan dengan menggunakan partisi sudah cukup baik.

“Tujuannya untuk minimalisir adanya percikan air liur (droplet) dari pengemudi kepada penumpang atau sebaliknya,” jelasnya.

Djasio juga mengatakan bahwa pengemudi ojol akan melalui beberapa tahapan uji coba untuk memenuhi standar kesehatan, keamanan dan kenyamanan.

Tidak hanya itu, ia juga menganjurkan GARDA Indonesia untuk melakukan pelatihan protokol kesehatan dan basic personal hygiene bagi para pengemudi ojol agar lebih waspada nantinya.

“Kemudian pengemudi ojol yang sudah mengikuti pendidikan dan pelatihan tersebut agar diberikan sertifikat resmi sebagai syarat untuk bisa membawa penumpang,” tambah Djasio.

Igun mengatakan bahwa GARDA Indonesia akan melakukan pengawasan dan rekomendasi bagi produsen partisi. Hal ini dilakukan untuk memastikan partisi sesuai standar dan harus sudah memenuhi Sertifikasi Nasional Indonesia (SNI) maupun sertifikasi ISO untuk material yang digunakan.

“GARDA Indonesia juga akan komunikasikan kepada regulator, dalam hal ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan RI, dan Kementerian Perhubungan RI,” terangnya.

Related posts