Toyota Yaris Cross Resmi Diperkenalkan

  • Whatsapp
Toyota Yaris Cross Eksterior
Toyota Yaris Cross Eksterior

IOTOMOTIF.com – Toyota secara resmi memperkenalkan mobil baru, Yaris Cross. Produk baru ini membawa Toyota masuk ke segmen kompak SUV di Eropa.

Toyota Yaris Cross ini dikatakan dibuat di Eropa untuk pasar Eropa. Diproduksi di Perancis bersama dengan Yaris saat ini, Yaris Cross ditargetkan untuk konsumen yang ingin memiliki mobil SUV stylist dibandingkan dengan SUV tradisional dengan sistem gerak empat roda. Toyota menargetkan menjual sebanyak 150.000 unit Yaris Cross tahun depan dan diperkirakan penjualan jajaran produk Yaris ini mencapai sepertiga total penjualan Toyota di Eropa.

Read More

Toyota mengatakan bahwa Yaris Cross ini menawarkan mobil dengan desain yang kokoh dan minimalis dengan target menawarkan pengelaman mengemudi sebuah SUV namun cocok digunakan di area perkotaan.

Toyota Yaris Cross Eksterior 2021
Toyota Yaris Cross Eksterior 2021

Eksterior dan Interior

Yaris Cross SUV ini merupakan model kedua Toyota yang menggunakan platform terbaru GA-B. Platform ini dikatakan memberikan ruang interior yang lebih lega dan praktis dengan dimensi eksterior yang kompak. Versi SUV dari Yaris memiliki panjang 4.180 mm, lebih panjang 240 mm dibandingkan dengan Yaris meski keduanya memiliki panjang sumbu roda yang sama dengan penambahan 60 mm lebih panjang di depan dan 180 mm di belakang.

Pengemudi juga akan memiliki posisi mengemudi yang lebih tinggi dengan peningkatan ground clearance setinggi 30 mm. Mobil sendiri memiliki ukuran lebih tinggi 90 mm dibandingkan Yaris.

Toyota Yaris Cross Interior
Toyota Yaris Cross Interior

Melihat ke dalam, interior mobil tampak didominasi dengan layar besar di bagian tengah yang juga tersedia dengan konektifitas Apple CarPlay smartphone.

Toyota Yaris Cross Hybrid
Toyota Yaris Cross Hybrid

Mesin dan Performa

Mengenai dapur pacu, Yaris Cross ditawarkan dengan mesin hybrid yang mengkombinasikan mesin bensin 1,5 liter tiga silinder Atkinson dengan satu motor listrik dengan total tenaga mencapai 116 hp. Toyota mengatakan teknologi hybrid yang digunakan pada Yaris Cross ini lebih efisien dari teknologi hybrid sebelumnya, serta emisi gas CO2 di bawah 90 gram/km untuk versi penggerak roda depan dan 100 gram/km untuk versi all-wheel drive.

Versi all wheel drive Toyota Yaris Cross dikatakan didesain untuk menawarkan kestabilan lebih pada kondisi jalan yang buruk dan licin. Pada mode mengemudi standar, Yaris Cross didominasi menggunakan sistem gerak roda depan, namun ketika dideteksi kondisi jalan yang licin, mobil secara otomatis juga akan memberikan tenaga pada roda belakang.

Toyota Yaris Cross Harga
Toyota Yaris Cross Harga

Harga

Mengenai harga, sayangnya Toyota belum mengumumkannya. Namun diperkirakan Toyota Yaris Cross yang hadir sebagai model premium Yaris akan ditawarkan mulai £17,765 atau setara Rp 342,3 jutaan.

Related posts