Hyundai Teruskan Pembangunan Pabrik Ditengah Wabah Corona

IOTOMOTIF.com – Pandemik virus Corona atau Covid-19 yang terus menyebar di dunia dan Indonesia tidak menghentikan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) untuk membangun pabrik di Tanah Air. Pabrikan mobil asal Korea Selatan tersebut memastikan kelanjutan pembangunan pabrik setelah melakukan koordinasi intensif dengan otoritas lokal dan nasional terkait.

Hyundai percaya dengan adanya pembangunan pabrik dengan nilai investasi sebesar USD 1,55 miliar ini dapat mendorong dan memastikan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 2030. Selain mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri, pabrik juga akan berkontribusi dalam peningkatan ekspor Indonesia dengan menjadi pemasok produk-produk Hyundai ke pasar utama di kawasan Asia Tenggara lainnya.

Pembangunan pabrik Hyundai saat ini dikabarkan telah selesai dalam proses pembersihan lahan dan pekerjaan pemancangan. Saat ini proyek konstruksi pabrik ada pada tahapan penyusunan kerangka baja dan melanjutkan ke langkah pengembangan selanjutnya.

Melihat kondisi saat ini, Hyundai Indonesia mengaku paham akan sulitnya situasi di Indonesia dan dunia. Karena keputusan melanjutkan pembangunan ini dikatakan bukan keputusan yang mudah bagi Hyundai. Perusahaan mengatakan menjalan aktifitas pembangunan di bawah bimbingan dan dukungan dari pemerintah Indonesia, setelah mendapat izin serta persetujuan dari Kementerian Perindustrian. Dalam proses pembangunan sendiri, Hyundai mengaku menjalankannya dengan berhati-hati untuk tetap mencegah paparan risiko virus corona.

YoonSeok Choi, Presiden Direktur PT HMMI, Hyundai memahami bahwa apa yang dihadapi saat ini adalah situasi yang sangat menantang. Namun, adalah komitmen Hyundai untuk terus mendukung masyarakat serta lingkungan di sekitar.

“Sekarang, lebih dari sebelumnya, adalah saat yang penting untuk menunjukkan solidaritas kami kepada Indonesia dengan terus mendorong dan mendukung ekonomi Indonesia untuk terus bergerak,” jelas YoonSeok dalam keterangan resmi, Jumat (17/4/2020).

Pada proses pembangunan Hyundai juga tetap menjalankan physical distancing dan memberlakukan langkah-langkah kebersihan. Seperti memberlakukan pemeriksaan kesehatan dan distribusi masker di area transit, pemantauan suhu untuk karyawan, serta membatasi akses personal di pintu masuk pabrik. Di area kantor dikatakan diberlakukan lebih ketat dengan meningkatkan frekuensi dan ketepatan upaya sanitasi. Contohnya termasuk sistem pembersihan berkala dan pemberian disinfektan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here