MotoGP Italia 2020 Terancam Dibatalkan

IOTOMOTIF.com – Pada pertemuan dengan CONI yang berlangsung di Foro Italico, presiden komite olahraga Italia, Giovanni Malago mengkonfirmasi bahwa diputuskan untuk menunda seluruh kompetisi olahraga dalam semua level hingga 3 April 2020.

Beberapa saat setelahnya, Perdana Menteri, Giuseppe Conte menggelar konferensi press di Palazzo Chigi yang mengatakan “seluruh Italia akan menjadi zona yang dilindungi”. Jadi seluruh negara kini menjadi ‘zona merah’.

Bahkan sebelum digelarnya konferensi press tersebut, di Lombardy dan 14 provisi lainnya sudah dilarang adanya pergerakan penduduk kecuali terbukti sehat, kebutuhan mendesak atau karena pekerjaan.

“Saya sepenuhnya sadar akan keseriusan dan tanggung jawab – jelas Conte – Kami tidak dapat lengah. Ini adalah saat untuk bertanggung jawab. Keputusan yang tepat adalah tetap di rumah. Masa depan kami ada di tangan kami”.

Perdana Menteri Italia tersebut tidak mengatakan mengenai transportasi publik, ini memastikan sistem tetap berjalan dan orang masih dapat pergi kerja.

Mengenai sisi olahraga sendiri, seluruh pertandingan sepak bola Seri A kini ditunda.

Untuk kompetisi olahraga lain, F1 akan berlangsung di Australia, sedangkan balap selanjutnya, Bahrain Grand Prix akan digelar tertutup.

Sedangkan untuk balap motor, masih menunggu langkah apa yang akan ditempuh oleh FIM yang tentunya akan mencari solusi dengan Dorna, selaku penyelenggara dua balap motor utama, MotoGP dan Superbike.

Efek dari firus korona pada kompetisi balap sendiri sudah terasa sejak pekan lalu, dimana negara penyelenggara, Qatar memutuskan untuk membatalkan kompetisi.

Jadi keputusan untuk Valentino Rossi, Andrea Dovizioso dan pembalap lainnya turun ke lintasan tidak lagi ada di tangan mereka, namun tiap negara penyelenggara.

Bisa jadi Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna memutuskan untuk menggelar Grand Prix Italia secara tertutup atau memindah ke sirkuit lain, seperti yang terjadi saat ini dimana Dorna mempertimbangkan memindah GP Austin ke Indianapolis. Namun dia tidak dapat berbuat banyak bila negara lain tidak setuju ke Italia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here