IOTOMOTIF.com – Dibawah manajemen baru, PT Kreta Indo Artha (KIA) mengawali tahun 2020, KIA siap meluncurkan kendaraan terbarunya di Indonesia, yaitu mobil SUV KIA Seltos yang sebelumnya sudah muncul lebih dulu di India dan belum lama ini hadir di Singapura.

Kepastian peluncuran KIA Seltos Indonesia ini diketahui dari undangan peluncuran dari PT KIA untuk acra bertajuk ‘Grand Launch: The All-New Seltos’ yang akan diadakan di Jakarta, pada Senin (20/1/2020).

Di pasar otomotif Tanah Air, KIA Seltos akan bersaing dengan kompetitornya yaitu Hyundai Kona, Suzuki S-Cross, Honda HR-V dan Mazda CX-3. Diperkirakan SUV terbaru KIA ini akan dijual dengan banderol harga Rp 300 jutaan.

Pabrikan Korea ini menamakan Seltos sebagai sophisticated dan sporty SUV. Hadir sebagai produk global, mobil ini diproduksi di fasilitas Kia di Anantapur District, India dan Gwangju, Korea.

Secara dimensi, Seltos sebagai small Crossover memiliki panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.645 mm. Sebagai perbandingan, HR-V diukur 4.295 x 1.772 x 1.508 mm, sementara CX-3 berdimensi 4.275 x 1.765 x 1.535 mm.

Dari depan, desain Seltos terlihat khas dan modern dengan wajah tiger-nose grille. Sudah dilengkapi lampu utama LED plus daytime running lights (DRL), lampu belakang LED serta 3D multilayer indicators. Lampu kabutnya juga mengadopsi teknologi LED.

Memiliki desain dan sosok SUV murni yang tangguh tergambar dari komposisi kepala empat pilar dan desain body kekar dan mengkotak, menjadi salah satu kelebihan dari Seltos. Sementara pesaingnya di Indonesia nampak seperti model hatchback yang ditinggikan diubah menjadi crossover.

Spesifikasi mesin, Seltos mengusung mesin berkapasitas 1.4 liter turbo. Keluaran daya mencapai 140 PS dengan torsi 240 Nm. Jantung turbo ini dipadu dengan girboks Dual Clutch Transmission (DCT).

READ  Keunggulan dan Teknologi Mazda CX-5 Compact SUV

Jika melihat spesifikasi yang ditawarkan KIA Seltos di negara asalnya, bisa dibilang cukup mewah untuk sebuah SUV di kelasnya. Hadir dengan berbagai fitur dan keunggulan seperti keyless entry, lampu proyektor, airbag, audio control, sensor parking. Tak ketinggalan ada kamera 360, sunroof elektrik, blind view monitor, wireless charger, dengan sistem audio Bose.

Seltos menyasar segmen pengguna milenial dan berjiwa muda, pengguna yang gemar teknologi, dan penuh dengan fitur teknologi serta keselamatan mutakhir KIA.

Banderol harga dan spesifikasi lebih detil akan diumumkan saat peluncuran KIA Seltos pekan depan. Tunggu informasi terbarunya di IOTOMOTIF.com.