Home » News » Commercial Vehicle » Volvo Akan Hadirkan Truk Listrik di Indonesia
Commercial Vehicle Rumour Hybrid & EV

Volvo Akan Hadirkan Truk Listrik di Indonesia

IOTOMOTIF.com – Peraturan Presiden (Perpres) terkait regulasi kendaraan listrik belum lama ini ditandatangani. Hal tersebut menandakan era baru kendaraan listrik di Indonesia, tidak hanya mobil dan motor listrik saja, namun termasuk juga bus dan truk listrik.

Regulasi kendaraan listrik yang makin jelas menimbulkan pertanyaan kapan truk listrik Volvo hadir di Indonesia?

Menanggapi Perpres, Bambang Prijono, CEO PT Wahana Inti Selaras ( Indomobil Group), selaku importir Volvo Trucks di Indonesia, mengatakan, Volvo sekarang ini sudah punya truk yang full electric tapi dengan ukuran yang kecil.

“Jadi, truk tersebut hanya untuk yang di perkotaan, seperti truk pengumpul sampah. Itu di Eropa sudah beroperasi, di Swedia,” ujar Bambang.

Bambang mengatakan bahwa dalam jangka pendek mereka belum berniat untuk memperkenalkan truk listrik di Indonesia. Hal ini dikarenakan oleh beberapa penyebab, salah satunya adalah teknologi baterai. Bambang menyebutkan bahwa teknologi baterai saat ini masih belum cukup tinggi untuk digunakan di negara tropis dan kondisi macet.

“Baterai kan ada jarak tempuhnya. Di Eropa, dia bisa beroperasi hingga 300 km, baru di-charge lagi. Sedangkan di Indonesia, mungkin bisa menurun jadi setengahnya. Apalagi dengan kondisi AC nyala terus, temperatur baterai juga lebih panas,” kata Bambang.

Meski begitu, Bambang menegaskan bahwa Volvo Trucks Indonesia akan menghadirkan truk listrik di pasat otomotif Tanah Air, namun tidak tahun ini.

“Mudah-mudahan tahun 2020. Sekarang kita sedang uji coba di Singapura, truk dan bus. Untuk hybrid, bus sudah berjalan di Singapura. Masalahnya, kalau hybrid itu pakai mesinnya Euro 5. Jadi, bahan bakarnya harus yang bagus. Sementara di sini, kita kan belum siap,” ujar Bambang.









Get a weekly email with best free content
Subscribe