Home » News » Nasional » Anies Perluas Area Aturan Ganjil Genap di Jakarta
Nasional

Anies Perluas Area Aturan Ganjil Genap di Jakarta

KEBUTUHAN JALAN IBU KOTA

IOTOMOTIF.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan resmi mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Dengan instruksi tersebut, Anies menerapkan beberapa langkah dalam menekan polusi udara, salah satunya adalah dengan perluas penerapan aturan ganjil genap di Jakarta.

“Dalam rangka percepatan pelaksanaan pengendalian kualitas udara di Provinsi DKI Jakarta, diperlukan pendekatan multisektor yang memperketat pengendalian sumber pencemaran udara, mendorong peralihan gaya hidup masyarakat dan mengoptimalisasi fungsi penghijauan sehingga memerlukan sinergitas antara Perangkat Daerah,” tulis Ingub No. 66 Tahun 2019 yang telah ditandatangani Anies, Kamis (1/8/2019).

Terkait arahan ganjil genap, Anies juga menyiapkan penerbitan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang perluasan ganjil genap sepanjang musim kemarau. Pada Ingub, Anies meminta agar Kadishub merevisi tarif parkir pada 2019 serta menyiapkan rencana Peraturan Daerah (Perda) mengenai congesting pricing tahun 2020.

“Mendorong partisipasi warga dalam pengendalian kualitas udara melalui perluasan kebijakan ganjil-genap sepanjang musim kemarau dan peningkatan tarif parkir di wilayah yang terlayani angkutan umum massal mulai 2019, serta penerapan kebijakan congestion pricing yang dikaitkan pada pengendalian kualitas udara pada tahun 2021,” kutip Ingub.

Dalam Ingub juga tertera arahan bagi Kadishub untuk mempercepat proses peremajaan angkutan umum yang terdiri dari armada bus kecil, sedang, dan besar melalui integrasi Jak Lingko pada 2020. Kadishub juga diminta untuk menyiapkan Peraturan Daerah (Perda) untuk membatasi usia Angkutan Umum 2019 juga memperketat uji emisi bagi kendaraan umum mulai 2019.









Get a weekly email with best free content
Subscribe