Perkiraan Harga Yamaha New V-Ixion Lightning Rp 23 Jutaan ?

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Pada pameran Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 yang lalu, Yamaha telah memperkenalkan versi terbaru motorsport 150cc andalannya, yaitu Yamaha New V-Ixion Lightning 2013 yang mulai diproduksi masal pada bulan Sesember 2012 mendatang.

“Konsumen bisa inden dulu dari sekarang,” buka Sutarya, Marketing Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). “Stoknya baru diproduksi bulan Desember,” jelas pria berpenampilan rapi ini. Namun ketika ditanya soal harga, Sutarya mengaku masih menggodoknya.

“Harganya masih digodok, mudah-mudahan sesuai value yang ada pada New V-Ixion,” jelasnya singkat. Meski begitu, beberapa sales di booth Yamaha di JMCS dan dealer Yamaha di sekitaran Jakarta sudah berani memberikan estimasi.

Banyak yang memperkirakan harga New V-Ixion Lightning ini pada kisaran Rp 23 juta sampai Rp 23,5 juta. Padahal untuk yamaha V-Ixion versi sebelumnya (lama) dijual dengan harga Rp 21,7 juta on the road Jakarta.

Beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi harga motor ini salah satunya adalah simulasi pajak kendaraan bermotor. Atau jika menggunakan perkiraan lain? Seandainya harga New V-Ixion mengikuti inflasi di Indonesia, yang pada bulan Oktober diumumkan oleh Bank Indonesia meningkat sekitar 4,61 persen, artinya akan melonjak Rp 1 jutaan dari harga lama.

Melihat pertimbangan tersebut, maka bisa diambil kesimpulan harga Rp 22 sampai Rp 23 jutaan masih sangat ideal. Terlebih motor ini punya banyak sekali perubahan bila dibandingkan dengan model terdahulu. Bodinya semua baru, begitu juga dengan kaki-kakinya yang kini lebih kekar. Ditambah dengan Pelek lebar dan ban Dunlop.

Mesinnya memang tetap mengusung spesifikasi yang tidak jauh beda dengan V-Ixion lama, tapi beberapa perubahan membuatnya jadi lebih bertenaga. Mesinnya tetap SOHC 4 klep berpendingin cair dan memiliki 5 percepatan transmisi. Yang berbeda adalah sistem injeksi yang total baru

Motor yang tetap menggunakan diasil cylinder dan forged piston ini diklaim tenaganya jadi lebih besar. Jika V-Ixion lama tenaganya hanya 15,09 PS, sedang yang baru meningkat jadi 16,59 PS di 8.500 rpm. Jadi berapa harga yang pantas untuk Yamaha New V-Ixion Ligtning terbaru ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here