Tidak Jaga Jarak dan Berkendara Terlalu Dekat, Awas Kecelakaan

IOTOMOTIF.com – Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di Bumi ini, selain penyakit dan wabah.

Tentunya keselamatan berkendara harus benar-benar diperhatikan oleh setiap pengendara kendaraan bermotor.

Menurut penelitian terbaru dari Volkswagen Commercial Vehicle, berkendara terlalu dekat dengan kendaraan di depannya merupakan salah satu penyebab kecelakaan terbesar mobil van di Inggris.

“berkendara terlalu dekat merupakan salah satu penyebab utama kecelakaan dari laporan para pengguna jalan. Survei menunjukkan bahwa hampir separuh pengemudi merasa takut dan marah mengenai hal tersebut,” terang Neil Greig, direktur penelitian di IAM RoadSmart.

Jaga Jarak, Cegah Kecelakaan

Data dari kementerian transportasi Inggris menunjukkan bahwa ‘mengikuti terlalu dekat’ berada di peringkat lebih tinggi dibandingkan mengemudi kebut-kebutan, mabuk dan kondisi cuaca buruk yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan, namun masih berada di bawah pengemudi van yang tidak melihat dan salah memperhitungkan kecepatan kendaraan lain.

Penyebab Kecelakaan
Penyebab Kecelakaan

Pada tahun 2017, di Inggris terjadi total 4.256 kecelakaan yang menyebabkan 6.184 terluka dan 19 kematian. Dari jumlah tersebut, 8 persen diantaranya merupakan kendaraan komersial ringan.

Pengemudi van yang paling mudah terlibat kecelakaan dengan 55 persen dari kecelakaan yang terjadi karena mengemudi terlalu dekat.

Pengemudi yang terbukti bersalah karena mengemudi terlalu dekat akan didenda sebanyak 100 pounds dan tiga poin pinalti. Terburuk, pengemudi yang mengemudi terlalu dekat dengan kendaraan didepannya dapan menerima hukuman pelarangan mengemudi atau dipenjara jika terjadi kecelakaan parah.

Selain menyebabkan terjadinya cedera, kecelakaan juga membuat van tidak dapat beroperasi dan menimbulkan biaya lebih untuk perbaikan. Dari data asosiasi asuransi Inggris, biaya downtime armada rata-rata sebanyak 550 pounds per van perhari, dengan biaya perbaikan di Inggris rata-rata berada di angka 2.137 pounds.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here