Owner's Guide

Tips Cara Mengatasi Masalah Bensin Tercampur Air

Tips Cara Mengatasi Masalah Bensin Tercampur Air
Tips Cara Mengatasi Masalah Bensin Tercampur Air

IOTOMOTIF.com – Jika anda mendapati sebuah kendaraan yang bahan bakarnya tercampur dengan air, jangan mudah menyimpulkan bahwa itu adalah kesalahan saat di SPBU.

Hal itu bisa saja terjadi secara tidak sengaja saat musim hujan. Ketika sebuah kendaraan nekat menerobos banjir, bisa saja air masuk ke dalam tangki bensin.

Ketika air tercampur dengan bensin, mesin bisa mati secara tiba-tiba karena mesin tidak mampu bekerja dengan baik. Bahkan, jika air sampai masuk ke ruang bakar mampu menyebabkan hidrodinamika. Alhasil, mampu merusak bagian-bagian mesin seperti piston.

Bagi Anda yang mengalaminya tidak perlu panik, ada beberapa langkah untuk mengatasinya. Yang perlu dilakukan jika kita mengalami hal tersebut adalah pertama kita harus melepas karburator, kemudian buang isi cairan bensin yang telah terkontaminasi.

Karena bensin memiliki massa yang lebih ringan dari air, maka bensin akan melayang di atas air. Jika kita terpaksa untuk memakai bensin tersebut, maka boleh saja dipakai. Namun hal tersebut sangat tak dianjurkan.

Kita dapat menggunakan larutan pembersih bahan bakar yang bisa memisahkan molekul air dan bensin yang dijual di pasaran. Cara menggunakannya mudah, cukup menuangkan larutan pembersih bahan bakar ke ruang bahan bakar sekitar 16 ml.

Nissan dan Datsun Pastikan Layanan 24 sehari Selama Libur Lebaran 2019

Previous article

Auto Value Hadirkan Program Khusus Mobil Bekas Berkualitas untuk Mudik Lebaran 2019

Next article

You may also like