Home » News » Nissan Judo, Mobil Malang Cikal Bakal Nissan Juke?
News

Nissan Judo, Mobil Malang Cikal Bakal Nissan Juke?

IOTOMOTIF.com – Nissan telah merilis sebuah mobil konsep bernama Judo pada gelaran Tokyo Motor Show 1987 silam. Menariknya, mobil ini adalah sedan 2-kursi 2-pintu, namun dengan kaki-kaki tinggi khas mobil off-road.

Namun, sangat disayangkan sebab Nissan Judo tak banyak dikenang oleh masyarakat. Mobil ini tak sempat diproduksi karena pasar memandang desain Nissan Judo cukup aneh.

Sebenarnya Nissan judo memiliki kemewahan khas mobil sedan. Contohnya adalah ruang kaki lega. Terlihat minimalis, pada kabin mobil dengan konsep ini semua tombol terletak di bagian tengah dashboard sehingga AC dan instrumen panelnya dibuat lebar.

Nissan Judo pun memiliki kemampuan mobil off-road. Selain kaki-kaki jenjang dan ban dual-purpose, mobil konsep ini memiliki sepasang fog-lamp besar, tempat ban cadangan, dan winch yang tersembunyi di balik bumper belakang.

Jika mencari kesan futuristik, Anda tidak akan menjumpainya di mobil ini. Pasalnya, mobil konsep ini memiliki atap dan kaca belakang yang dapat dimundurkan, sehingga kabin menjadi terbuka.

Tak boleh dipandang sebelah mata, Nissan Judo memiliki mesin 4-silinder 2.000cc turbocharger pada mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 210 hp dengan torsi maksimum mencapai 264 Nm.

Hanya saja, meskipun tak sampai masuk lini produksi, Nissan Judo masih tetap menginspirasi pabrikan lain untuk membuat mobil serupa, salah satunya adalah Suzuki X-90 yang dirlis pada tahun 1995 silam. Bahkan Nissan Judo kerap disebut-sebut sebagai cikal bakal Nissan Juke.