Menikmati Kehangatan Minyak Kayu Putih Pulau Buru Bersama Terios 7 Wonders 2018

  • Whatsapp
All New Daihatsu Terios 2018

IOTOMOTIF.com – Ekspedisi Terios yang ke-7 kembali digelar dengan tajuk Moluccas Next Chapter. Kali ini, Daihatsu akan melewati tiga pulau terkenal di Maluku yaitu; Pulau Buru, Pulau Ambon, dan Pulau Seram. Ekspedisi ini berlangsung selama 9 hari, 10 – 18 November 2018.

Ekspedisi ini menggunakan 4 (empat) unit All New Terios dengan varian R Deluxe yang terdiri dari 2 Terios M/T dan 2 Terios A/T yang berisikan Sahabat Jurnalis dan team Daihatsu. Mereka menjelajah Namlea Pulau Buru, yang menjadi pemasok pembuatan minyak kayu putih terbesar di Indonesia.

Read More

Dimulai dengan seremoni di Kantor Bupati Kabupaten Buru yang dihadiri oleh Amustofa Besan selaku wakil bupati Pulau Buru, kemudian team menuju ke Bukit Tatanggo Namlea.

Selama di perjalanan team Terios 7 Wonders melewati beberapa tanjakan serta tikungan yang yang tajam selama perjalanan.

Tentunya, mereka yakin bisa melewati rintangan tersebut dikarenakan All New Terios dilengkapi dengan ABS (Anti Lock Braking System) yang mencegah terjadinya roda mengunci ketika terjadinya pengereman mendadak. Sehingga roda masih bisa di control.

Tak hanya itu, ada pula EBD (Electric Brakeforce Distribution) yang berfungsi untuk meningkatkan performa pengereman, VSC (Vehicle Stability Control) yang mencegah slip saat berbelok atau berpindah jalur, dan HSA (Hill Start Assist) yang berfungsi menahan mobil 3 detik agar tidak mundur saat berhenti ditanjakan.

Setelah melewati perjalanan sepanjang 9 km, maka team sampai di wonder pertama. Kemudian team bertemu dengan Ismail dan Hasan Basri, salah satu keluarga yang telah memiliki usaha pembuatan minyak kayu putih selama 4 generasi.

Menariknya, mereka bercerita bahwa tumbuhan kayu putih adalah tumbuhan endemic di pulau ini dan tumbuh terus menerus serta dapat di panen dua kali dalam satu tahun. Bapak Ismail mengatakan, “Semakin tinggi lokasi tanaman kayu putih semakin tinggi tingkat kemurnian dan aromanya semakin kuat.”

Proses mengolahnya dimulai ketika daun kayu putih dimasak ke dalam ketel berbahan kayu kuning yang ditutup rapat selama 6 jam, setelah itu uap didinginkan dan dialirkan ke pipa penyulingan lalu kayu putih siap ditaruh setiap botol kaca besar.

Tulus Pambudi, Kepala Wilayah Astra International Daihatsu Sales Operation Indonesia Bagian Timur pun mengungkapkan, “Terios sebagai Sahabat Petualang telah melanglang buana menembus indahnya alam yang ada di seluruh penjuru Nusantara ini, dan tahun ini menjadi tahun ke-7 Terios 7 Wonders kembali membuktikan bahwa kendaraan ini cocok untuk aktivitas bagi para petualang.”

Related posts