News

Mencoba Handling dan ABS Si Kecil Yamaha Freego

IOTOMOTIF.com – Jajaran skuter kecil Yamaha memiliki Yamaha Freego yang jadi satu jagoannya. Agaknya, banyak hal berbeda tersemat di motor satu ini. Bagasinya sama dengan NMAX bahkan lebih besar.

Urusan handling dan pengereman skuter ini juga tersedia untuk pilihan ABS. Tes pun dilakukan di parkiran Sirkuit Sentul setelah beres menjajal R25 terbaru di sirkuit.

Lantas kenapa dilakukan di parkiran? Hal ini karena aspalnya berpasir dan berkerikil, sedikit aspal terkelupas, dan tentu saja areanya terbilang luas. Kira-kira itu bisa jadi perwakilan kondisi jalan perumahan yang sebenarnya berbahaya karena rentan membuat kepleset.

Panitia Yamaha pun menyedikan kerucut-kerucut kecil untuk tes manuver.

Ada yang menarik, pasalnya ketika motor dinyalakan seperti ada gerakan halus lalu kemudian mesin pelan-pelan nyala. Ini karena menggunakan Smart Motor Generator (SMG).

Sebelum menyalakan gasnya, motor sedikit dipuntir, dan mencoba Stop & Start System (SSS)-nya ketika mesin didiamkan menyala lebih dari 5 detik. Kemudian  tidak lama mati sendiri. Fungsinya untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Apabila tuas gas dipuntir lagi, otomatis mesin hidup.

Puntiran maksimal dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh respons skutik 124,96 cc (125 cc) yang ada di sistem pembakarannya sudah menggunakan forged piston & dan silinder DiASil ini.

Hasilnya responsif. Sekali dipuntir, motor langsung melesat.

Dalam hal ini, Yamaha memang terkenal dan sudah jadi tradisi sejak mereka membuat motor Mio.

Momen-momen terpeleset akibat kerikil bisa diminimalkan. Motor pun terasa punya handling yang enteng. Aspek enteng mungkin didukung rodanya yang mungil. Ukurannya hanya 12 inci, tetapi bertapak lebar dan sudah memakai ban tubeless. Jadinya rasanya lincah.

Sampai di titik finish, cobalah untuk membuka bagasi yang lumayan luas.

Menurut data, kapasitasnya mencapai 25 liter alias di atas NMAX. Lumayan juga untuk membawa belanjaan atau menyimpan helm.

Wuling Tak Obral Diskon Meski Punya Produk Baru

Previous article

VW Beetle 2019 Edisi Terakhir World Premiere Akhir November

Next article

You may also like

More in News