Datsun Go-live interior

IOTOMOTIF.com – Kadang merasa kabin mobil menimbulkan suara berisik? Hal itu jelas mengganggu, bukan?. Selain penting untuk tahu apa penyebabnya, kita juga perlu untuk tahu bagaimana cara mengatasinya. Ternyata tak begitu sulit, berikut cara ampuh untuk mengatasinya. Cara membuat kabin mobil lebih kedap. Simak penjelasannya!

1.    Mengganti Oli Gardan

Jika hal ini terjadi, kamu bisa mengatasinya dengan mengganti oli dengan yang lebih kental. Cara ini tergolong mudah. Kamu juga tak perlu mengganti gardan.

Namun, apabila ternyata ada bagian rusak pada gardan, tentu harus diganti. Jika belum terlalu parah, kamu bisa menyetel ulang supaya gardan tersebut tidak semakin rusak.

2.    Mengganti Komponen yang Rusak

Penyebab lainnya bisa juga dari kaki-kaki mobil. Biasanya, bunyi berisik tersebut akan muncul saat mobilmu melaju pada kecepatan tinggi, seperti 50 km/jam atau bahkan bisa lebih dari itu.

Salah satunya penyebabnya adalah bushing arm yang sudah aus atau bahkan pecah. Tidak hanya bushing arm, bisa juga bagian lain seperti tie road, ball joint, shockbreaker. Cara mengatasinya tentu dengan mengganti yang rusak dengan yang baru.

3.    Melumasi dengan Grease

Bunyi berisik di dalam kabin mobil bisa disebabkan karena adanya gesekan antar logam yang ada di dalam kabin. Jika itu terjadi, segeralah periksa bagian luar atau bagian dalam untuk mengetahui asal sumber bunyi berisik tersebut.

Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan akibat gesekan yang akan semakin parah. Salah satu cara mengatasinya adalah melumasinya dengan menggunakan grease.

4.    Memasang Peredam Suara

Kemudian, anda bisa memasan peredam suara untuk mengatasi bunyi tersebut. Peredam suara terbuat dari berbagai macam material seperti karet yang dilapisi dengan alumunium foil. Ada pula peredam suara yang terbuat dari bahan glasswool bahkan juga terbuat dari aspal.

Baca  Penampakan Prototipe Motor Suzuki MotoGP 2014 di Motegi

Tentunya anda bisa memasang peredam suara di bagian-bagian penting, seperti dasar mobil. Fungsinya supaya mengurangi suara decitan ban atau suara percikan air saat hujan turun.