Begini Tips Berkendara Nyaman Saat Musim Hujan

by

IOTOMOTIF.com – Di Indonesia, kini musim hujan telah hadir silih berganti di beberapa daerah. Maka dari itu, semua orang harus mulai waspada dengan kedatangan hujan. Termasuk bagi para pengendara mobil.

Agar pada saat berkendara tetap nyaman dan aman saat hujan, Chevrolet memberikan beberapa tips yang bisa digunakan.


Menurut External Affairs & Communication Director GM Indonesia, Yuniadi Haksono Hartono, keselamatan merupakan prioritas bagi Chevrolet. Maka itu, pengemudi wajib untuk mengutamakan keselamaan dimanapun, kapanpun, dan oleh siapapun.

Ia mengungkapkan, “Berkendara saat musim hujan memerlukan perhatian yang lebih khususnya dalam kesiapan kendaraan dalam melewati jalanan licin dan banjir. Kami menyarankan memeriksa kendaraan untuk memastikan mobil dalam keadaan aman saat dipakai dimusim hujan. Kami jgua mengajak seluruh pengguna Chevrolet untuk memriksa kendaraannya, di bengkel resmi kami.”

Nah, berikut tips berkendara dengan aman saat musim hujan dan melewati jalanan yang tergenang air:

1. Melakukan standar check-up pada kendaraan

Hal ini termasuk pada wipers, tekanan ban, oli, mesin, baterai dan lampu. Pengisian bahan bakar dalam kondisi penuh sangat diperlukan sebelum bepergian jauh.

2. Merencanakan rute sebelum bepergian

Terlebih saat menuju daerah yang jarang atau belum pernah dikunjungi ada baiknya merencanakan rute. Perasaan tersesat akan menimbulkan kebingungan dan menganggu konsentrasi. Terlebih lagi, potensi cuaca dan jarak pandang yang buruk membutuhkan kemampuan mengemudi ekstra hati-hati.

3. Menggunakan gigi rendah ketika menghadapi jalan menanjak atau turunan yang curam dan licin

Menggunakan gigi rendah memudahkan mesin untuk melakukan pengereman sebelum mencapai tikungan curam dan membantu mengontrol kecepatan kendaraan, serta membuat rem bertahan lebih lama.

4. Memastikan kendaraan pada kondisi yang baik

Pada cuaca yang seperti ini, kondisi mesin harus mumpuni. Dalam kondisi jalan yang berbukit, mobil dengan torsi besar akan lebih andal dalam menaklukan medan.

5. Melatih kesabaran dengan baik

Musim hujan sering berujung pada kemacetan lalu lintas. Dengan menghubungkan smartphone ke Mylink,  dapat memantau kondisi lalu lintas melalui peta digital yang sering digunakan masyarakat.


×